Tutorial Ebay : Menjadi Pembeli Yang Baik (bag. 1)

Tutorial Ebay kali ini membahas bagaimana menjadi pembeli yang baik di Ebay. Mengapa hal ini penting untuk dibahas ? Alasan pertama, untuk menjadi penjual yang baik, yang mengerti keinginan pembeli, maka kita harus pernah merasakan menjadi pembeli juga agar lebih menjiwai. Alasan kedua, reputasi penjual bisa dilihat oleh calon pembeli. Semakin banyak angka bintang dan prosentase Positif Feedback nya berarti tingkat kepercayaan calon pembeli semakin besar.

imageAngka reputasi dan Positif Feedback ini bisa diraih dengan lebih cepat jika menjadi pembeli, karena jika kita langsung memutuskan menjadi penjual, angka dan positif feedback ini akan susah diraih karena kemungkinan terjadinya transaksi pembelian terhadap kita menjadi lebih kecil.

Secara garis besar, untuk menjadi pembeli yang baik, kita harus melakukan hal-hal sebagai berikut :

1. Membaca dan memahami keterangan tentang barang yang akan dibeli

Hal ini penting sekali agar kita : tidak salah beli karena salah ukuran, salah kondisi (baru atau second, asli atau tidak), barang tidak dikirim karena penjual tidak melayani pengiriman ke negara kita dll.

image

image

2. Segera melakukan pembayaran

Dalam melakukan proses transaksi pembelian, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pembayaran. Biasanya kita diberi tenggang waktu tertentu untuk melakukan pembayaran. Tenggang waktu ini berbeda-beda antar penjual. Jika sampai batas tenggang waktu kita tidak melakukan pembayaran maka kita akan dianggap sebagai pembeli yang tidak melakukan pembayaran dan akan mendapat Negatif Feedback dari penjual tersebut.

Dalam proses pembayaran kita akan diminta konfirmasi lebih lanjut tentang berapa total yang harus dibayar, termasuk biaya pengiriman. Total pembayaran ini harus pahami dengan benar, sebab bisa jadi biaya pengiriman lebih besar dari harga barangnya.

image

3. Melakukan komunikasi yang baik dengan penjual (korespondensi) jika ada hal-hal yang belum jelas atau hendak melakukan pembatalan pembelian.

Hal ini penting agar kita tidak salah membali barang dan menghindarkan Negatif Feedback jika kita membatalkan pembelian. Bahkan dengan komunikasi yang baik ini, kita bisa mendapatkan Feedback Positif walaupun tidak jadi melakukan pembelian.

image

image

4. Memberikan atau meninggalkan Positif Feedback

image

Hal ini harus kita (pembeli) lakukan jika kita menginginkan mendapat Positif Feedback dan penambahan angka bintang yang berarti menambah tingkat kepercayaan.

Sampai di sini ini dulu Tutorial Ebay : Menjadi Pembeli Yang Baik bagian I ini, tutorial selanjutkan akan diberikan langkah demi langkah mulai mendaftar di Ebay sampai menjadi pembeli. Semoga bermanfaat.

Updated: December 18, 2009 — 7:41 am

3 Comments

  1. tks 4 share it.
    mas,kalo jual hoplink dari Clickbank di Ebay ada rule-nya ndak/ boleh ndak?

    Hoplink…. Link untuk penjualan di clickbank.
    intinya sih dari ebay pembeli akan di link-kan ke web tujuan.

    dan jika terjadi pembayaran, pembayaran akan terjadi di Clickbank, bukan di Ebay.

    Why? because Ebay are targeted buyers, sementara CB hanya penyelia Produk saja

  2. Mas Nadhif,

    Syang Ebay tidak memperbolehkan adanya link pada Listing barang yang kita jual sehingga belum bisa di kawin silangkan antara Ebay dan Clickbank.

Comments are closed.