Tutorial Ebay (bag. 1) : Mengapa Memilih Ebay

Ebay.com adalah salah satu situs jual beli terbesar di dunia saat ini. Berbagai barang baik yang baru maupun bekas dijual di sana. Tidak hanya produk digital (seperti ebook) tetapi barang non digital (baju, sepatu, alat elektronik dll) juga dijual.

Ebay tutorial : Mengapa memilih Ebay

Dari analisa traffic Alexa, Ebay.com saat ini menempati rangking 25, satu rangking di bawah Amazon.com yang telah menempati Alexa rangking 24 (semakin rendah Alexa rangking berarti semakin baik). Tetapi mengapa menjadi lebih menarik membicarakan Ebay.com dibandingkan dengan Amazon.com ? Hal inilah yang akan kita bahasa pada tutorial ini.

Saya adalah salah satu member Ebay, Saya juga member Amazon.com. Tetapi akhirnya saya memilih untuk menjadi member aktif di Ebay, walaupun baru sebatas menjadi pembeli. Beberapa barang sudah saya beli melalui Ebay. Saya juga telah mengikuti beberapa kali aktivitas proses pembelian berupa lelang. Proses-proses pembelian menjadi salah satu hal yang menarik untuk dibahas dalam tutorial Ebay bagian pertama ini, Mengapa Memilih Ebay :

Alasan 1 : Mempunyai jumlah pengunjung hampir 2 juta perharinya.

Pengunjung tersebut dari seluruh dunia. Potensi pengunjung (pasar) ini luar biasa besar. Saat kita ingin berjualan, kita tidak perlu membuat website baru dan mencari pengunjung dengan menerapkan teknik-teknik SEO. Dengan berjualan di Ebay maka kita tidak perlu lagi susah payah mencari pengunjung calon pembeli. Dan yang lebih penting lagi pengunjung tersebut adalah targeted traffic. Artinya siapapun yang berkunjung ke sana hampir dipastikan mencari barang untuk dibeli.

Alasan 2 : Mempunyai sistem yang sederhana, dan mudah dipahami.

Kita tidak akan direpotkan dengan pengisian formulir yang rumit. Interface atau layout nya juga sederhana sehingga pemula sekalipun mudah melakukan jual-beli (transaksi) di Ebay.

Alasan 3 : Mempunyai sistem pembayaran yang umum dan aman.

Penggunaan Paypal sebagai salah satu alat bayar di Ebay, membuat transaksi menjadi lebih mudah, karena siapapun bisa memiliki Account Paypal dengan mudah. Paypal juga menjadikan transaksi lebih aman karena kita tidak mengobral no seri kartu kredit.

Alasan 4 : Berjualan di Ebay tidak memerlukan modal yang besar.

Ebay adalah sebuah pasar yang sangat besar dengan jumlah pengunjung yang sangat banyak. Saat kita bergabung untuk berjualan di sana, kita tidak perlu membuat toko sendiri. Biaya penjualan yang dikenakan kepada penjual tidaklah besar, mereka hanya mengenakan charge sekitar 10% dari harga jual barang. Kita juga tidak perlu membuat kantor atau gudang secara resmi. Semua bisnis Ebay bisa dilakukan dari rumah kita.

Demikian pembahasan tutorial Ebay bagian 1. Tunggu saja tutorial Ebay bagian 2 berjudul : Menjadi Pembeli Yang Baik.

Updated: December 8, 2009 — 8:34 am

1 Comment

  1. menarik juga ya untuk dikupas lebih dalam

Comments are closed.