Tips Bagi Pemilik Komputer Baru

image Beberapa tips/hal perlu dilakukan bagi para pemilik komputer yang baru beli, baik yang beli komputer bekas maupun komputer gress/baru. Tujuannya adalah agar Anda dapat memakai komputer tersebut dengan lancar tanpa gangguan yang berarti.

1. Mem-format ulang pada hardisk

Ini dilakukan jika Anda membeli komputer bekas pakai. Hal ini bertujuan agar Anda benar-benar aman dan bebas dari virus maupun trojan (virus mata-mata) yang ditinggalkan oleh pemilik lama.

2. Meng-instalasi ulang sistem operasi

Ini juga dilakukan agar komputer yang Anda gunakan masih ringan dari beban-beban aplikasi / software yang mungkin tidak Anda perlukan. Sebab semakin banyak aplikasi di instal maka waktu loading komputer menjadi semakin berat dan lama. Apalagi jika RAM (memory) yang digunakan kecil (kurang dari 512 MB)

3. Meng-instal Antivirus

Sesudah Operating System diinstal, aplikasi pertama yang harus diinstal adalah antivirus. Gunakan antivirus orisinal (bukan bajakan). Ada beberapa antivirus orisinal yang gratis antara lain : Avast home edition, AVG Free, Avira dll. Setelah antivirus diinstal, hal yang harus dilakukan adalah melakukan update secara rutin, idealnya adalah 3 hari sekali atau paling lama 1 minggu sekali. Ini bertujuan untuk mencegah serangan berbagai virus, terutama bagi Anda yang suka berinternet dan keluar masuk USB Flash Disk.

4. Mem-partisi Hardisk

Mempartisi hardisk artinya adalah membagi hardisk menjadi beberapa bagian, minimal 2 bagian. Jadi jika memakai Windows akan terlihat ada dua hardisk yaitu C: dan D:  Untuk mempartisi hardisk ini kita membutuhkan bantuan software, yang cukup terkenal adalah Partition Magic (berbayar). Atau yang gratisan bisa menggunakan Partition Logic. Tujuan dari partisi ini adalah untuk memisahkan penempatan software/aplikasi (termasuk operating system) dengan data-data. Jadi jika suatu saat terjadi error atau rusak pada operating system dan tidak bisa melakukan booting yang mengharuskan instal ulang maka data-data mudah untuk diselamatkan.

5. Meng-instal software penting lainnya

Beberapa software yang disarankan untuk diinstal adalah :

WINRAR atau yang sejenis, misalnya 7ZIP (freeware). Ini berguna untuk melakukan Uncompress data-data yang di compress (.rar .zip .7z .bzip .gzip .tar dll). Biasanya data-data dalam bentuk ter-compress berasal dari attachment email atau data hasil download dari internet.

WINAMP atau VLC Media Player. Dua software tersebut digunakan untuk memutar file-file multimedia seperti music dan video/film.

Adobe Acrobat Reader. Software ini digunakan untuk membaca file-file berformat PDF. PDF merupakan salah satu format dokumen yang paling banyak dipakai di dunia internet, misalnya digunakan untuk E-book.

6. Mengamankan komputer

Agar komputer aman dari pengguna ilegal maka Anda bisa memberikan pengamanan dengan cara memberikan password pada :

– Mem-password BIOS komputer. Jika hal ini dilakukan maka sebelum masuk ke Operating System (misalnya Windows) akan keluar permintaan untuk memasukan password sehingga seseorang tidak bisa mengakses komputer menggunakan portable Operating System sekalipun, misalnya Linux Live on CD, Linux Portable on USB Flash Drive.

– Mem-password Operating System

– Mem-password Folder atau File

Demikian tip-tips bagi pemilik komputer baru yang bisa diberikan. Semoga bermanfaat.

Updated: October 31, 2009 — 5:53 am

2 Comments

  1. untuk poin no 1. saya rasa kita gak usah format ulang tuh hardisk. soalnyakan ini komputer baru. kalau kompu baru biasanya isinya paling cuma os doank atau mungkin masih belum ada isi apapun. ya kan…. kecuali kalu hardisk itu belum di baru dipartisipasi, kalau baru dipartisipasi harus di format dulu untuk nentuin system yang dipakai apakah fat atau ntfs…

  2. Mbk / Mas Afila,

    Hardisk perlu diformat jika komputer yang dibeli pernah dipakai (coba baca kembali point 1 artikel ini). Selanjutnya, untuk mempartisi hardisk tidak perlu diformat ulang, gunakan saja software seperti Partition Magic agar tidak perlu memformat ulang hardisk.

Comments are closed.