Gempa Bumi Bisa Diprediksi ?

Salah satu bencana alam yang akhir-akhir ini sering melanda Indonesia adalah gempa bumi. Sudah ribuan korban yang meninggal akibat gempa bumi ini hanya pada bulan September dan Oktober 2009 saja. Dua gempa yang mengakibatkan kerusakan dan korban yang besar pada bulan tersebut adalah gempa Tasikmalaya Jawa Barat 2 September 2009 dan gempa bumi Sumatera Barat 30 September 2009. Sebenarnya bencana gempa bumi itu sendiri tidak langsung menimbulkan kematian seperti bencana kebakaran atau banjir bandang, tetapi efek akibat gempa itulah yang dahsyat, bisa menimbulkan tsunami yang menenggelamkan dan merusak bangunan yang reruntuhanya dapat menimpa manusia. Lebih parahnya lagi gempa bumi terjadi secara tiba-tiba tanpa didahuli tanda-tanda khusus sehingga begitu mengagetkan dan membuat panik. Apalagi jika terjadinya malam hari saat manusia tidur, maka efek gempa akan lebih mematikan lagi.

Tapi benarkah terjadinya gempa bumi tidak bisa diprediksi sama sekali ? Jawabannya adalah BISA. Siapa yang bisa memprediksi gempa ? Paranormal kah ? Tentu bukan. Sebuah website yang beralamat di www.nextearthquake.com yang dimiliki oleh DR. RJ Roberts Ph.D membeberkan sebuah research yang telah dilakukan sejak Agustus 2008. Research ini berupa “Memprediksi terjadinya gempa bumi”. Dan research ini memberikan hasil prediksi gempa bumi yang cukup akurat, dengan tingkat keakuratan 88% – 94%. Keakuratan ini mencakup besaran (magnitude dalam skala Richter) gempa, waktu terjadinya, dan lokasi gempa.

Nah, prediksi yang mengejutkan yang dimuat di www.nextearthquake.com adalah bahwa akan terjadi gempa bumi di daerah Sumatera Utara (dengan pusat gempa pada radius 500 km dari Medan) pada tanggal 28 Oktober 2009 (dengan koreksi +/- 3 hari) dengan prediksi magnitude gempa sebesar 7.9 SR.

Next Earthquake at Sumatera 

Kemudian, apa yang menjadi landasar DR. RJ Roberts Ph. D ini dalam memprediksi terjadinya gempa bumi ? Research prediksi gempa ini adalah berdasarkan angka statistik riwayat gempa sebelumnya pada daerah tersebut.

Mengingat keakuratan prediksi gempa yang telah dilakukan sebelumnya maka sebaiknya kita waspada, terutama untuk penduduk daerah Sumatera Utara. Tidak ada salahnya mempersipkan diri untuk kondisi yang terburuk. Dan perbanyak doa kepada Allah swt, semoga saja prediksi gempa tersebut tidak benar. Amin.

Updated: October 26, 2009 — 3:27 pm

5 Comments

  1. wow, benarkah itu..?
    prediksinya berdasarkan apa…

    jadi nya serem juga yaahh..
    tapi bisa jadi referensi 😉

  2. Mbak Thya,

    Prediksi yang digunakan oleh DR. RJ Roberts Ph. D pada situs http://www.nextearthquake.com adalah berdasarkan statistik dan riwayat pengulangan gempa pada daerah yang diprediksi, jadi tidak asal tebak.

  3. iya mmkai statistik, tetapi tetap statistik itu bukan pengukuran langsung. dan keakuratan statistik itu tergantung data, smkin banyak smakin mndkati benar. kl mnrut gw sih kita tetap waspada aja setiap hari.

  4. Wah hebat donk bisa prediksi gempa tapi secara pasti tidak ada seorang pun bisa memprediksikan secara pasti kapan gempa itu terjadi jikalaupun ada itu hanya bersifat kebetulan. apalagi meramalnya tanpa dasar yang jelas semisalnya adakah gejala kondisi geologi yang mengakibatkan daerah itu terjadi gempa

Comments are closed.