Puasanya Orang Yang Tidak Sholat Fardhu

sholat dan puasa Ada pertanyaan kepada seorang Ustadz tentang puasa, “Ustadz, bagaimana dengan orang yang tidak pernah Sholat fardhu 5 waktu terhadap datangnya kewajiban puasa di bulan Romadhon ? Apakah puasanya menjadi sia-sia ?

Jawaban Ustad tersebut adalah :

– Puasa Romadhon dan Sholat Fardhu 5 waktu adalah ibadah fardhu ‘ain (wajib) yang harus dilaksanakan oleh seseorang yang mengaku menjadi seorang muslim (beragama Islam). Jadi kalau ternyata seorang muslim tersebut tidak melaksanakan salah satunya, ya kita pertanyakan ke-islaman-nya. Atau bahkan jika sampai tidak mengakui Puasa Romadhon dan Sholat 5 waktu sebagai ibadah Fardhu ‘Ain, dirinya bisa otomatis dianggap murtad (keluar dari Islam).

– Jika seorang muslim tersebut belum melakukan Sholat 5 waktu, begitu bulan Romadhon datang, segeralah berpuasa dengan sebaik-baiknya. Soal apakah puasa tersebut diterima atau tidak (berpahala atau tidak) itu bukan urusan manusia, itu semua urusan Allah. Yang penting laksanakanlah kewajiban, kalau belum bisa melaksanakan semua kewajiban, jangan tinggalkan semua kewajiban tersebut.

– Memang, di akhirat nanti, ibadah yang pertama kali di hisab / diperiksa adalah ibadah Sholat fardhu 5 waktu. Jika sholatnya baik maka pemeriksaan terhadap ibadah lain lebih mudah atau dianggap baik oleh Allah. Oleh karena itu bersegeralah mengerjakan Sholat 5 waktu, jangan sampai ibadah lain menjadi sia-sia karena tidak dikerjakannya Sholat 5 waktu.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal hamba yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah shalat. Apabila shalatnya baik maka sungguh dia telah berbahagia dan selamat. Dan apabila jelek shalatnya maka dia telah binasa dan merugi” (HR. Baihaqi, dishahihkan al Albani dalam ash-Shahihah no. 1358 dengan banyak jalan dan penguat-penguatnya, lihat al-Kaba’ir hal 20)

Jadi kesimpulannya : untuk mengantisipasi sia-sianya ibadah puasa Romadhon di hadapan Allah, maka kerjakanlah segera Sholat fardhu 5 waktu, jangan sampai di akhirat nanti merugi.

Updated: September 15, 2009 — 9:58 am