Penjelasan Singkat Analisa Pengunjung Pada GOOGLE ANALYTICS

Seperti pada posting sebelumnya berjudul “Pentingnya Analisa Pengunjung Dalam SEO” bahwa analisa pengunjung dalam sebuah website atau blog sangatlah penting bagi barometer keberhasilan penerapan SEO.

Salah satu penyedia jasa Analisa Pengunjung yang banyak direkomendasikan para ahli SEO adalah GOOGLE ANALYTICS. Mari perhatikan salah satu halaman laporan analisa pengunjung dari Google Analytics ini :

Google Analytics

Untuk mempermudah pembacaan laporan Google Analytics ini, kita bisa menggunakan bantuan software POLARIS. Dengan menggunakan POLARIS ini, kita tidak perlu lagi secara langsung mengunjungi website Google Analytics dan melakukan login secara manual.

Perhatikan halaman depan dari POLARIS ini :

Google Analytics POLARIS

Penjelasan singkat mengenai istilah dan angka-angka dalam POLARIS (di atas) sebagai barometer keberhasilan teknik SEO yang diterapkan adalah sebagai berikut :

– Periode waktu pelaporan : 11 Aug 09 – 11 Sep 09 : adalah rentang periode analisa pengunjung. Rentang waktu ini bisa kita ubah-ubah sendiri (defaultnya 30 hari)

Visits : 4,504 : adalah jumlah pengunjung dalam rentang periode pelaporan

Pageviews : 9,713 : adalah jumlah halaman web/blog yang dibuka oleh pengunjung

BACA JUGA :  Teknik SEO Black Hat - Cloaking

Pages/Visit : 2.16 : adalah rasio atau perbandingan antara Pageviews / Visits

Bounce rate : 55.78% : adalah prosentasi pengunjung yang kembali lagi

Avg. Time on Site : 00:03:17 : rata-rata lamanya pengunjung berada dalam web/blog

% New Visitors : 88.44% : adalah prosentasi jumlah pengunjung baru

Untuk melihat seberapa besar sumbangan Search Engine (terutama Google) dalam mendatangkan pengunjung ke website / blog, klik menu POLARIS (bagian Dashboard) lalu klik Traffic Sources.

image   Google Analytics POLARIS

Perhatikan pada diagram lingkaran Traffic Sources di atas. Bagian yang berwarna biru dengan angka 62% adalah prosentase jumlah pengunjung yang datang ke website / blog yang di sumbang oleh Search Engines. Angka 62% ini cukup besar, artinya, teknik SEO yang diterapkan cukup signifikan untuk mendatangkan pengunjung.

Pada bagian yang berwarna merah (29%) adalah prosentase jumlah pengunjung yang disumbangkan oleh website/blog lain (Reffering Sites). Angka 29%  ini juga cukup besar, artinya, mengenalkan blog kita dan  bertukar link dengan website / blog lain harus dilakukan juga untuk mendatangkan pengunjung.

BACA JUGA :  Pentingnya Proxy dalam Aktifitas SEO (Optimasi Offpage)

Untuk sementara ini, penjelasan singkat analisa pengunjung pada GOOGLE ANALYTICS saya cukupkan, lain waktu akan saya sambung lagi.

Semoga bermanfaat.

Berikan review artikel ini menurut Anda :
Updated: September 11, 2009 — 10:42 am
Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: