Flu Babi H1N1 – WHO Menyatakan "Unstoppable"

Mem-forward email dari teman tentang peringatan akan Flu Babi  :

Flu babi

Saking cepatnya menyebar, pada tanggal 6 Juli 2009, WHO akhirnya menghentikan monitoring jumlah orang yang terjangkit Flu Babi. Angka terakhir (6 Agusutus 2009), menyebutkan bahwa Flu Babi sudah menyebar di 160 negara, menjangkiti 177.699 orang dan mengakibatkan 1.126 orang meninggal. Walaupun persentase kematiannya relatif kecil,  tetapi yang mengkhawatirkan adalah kematian-kematian tersebut terjadi di negara-negara maju yang mempunyai sistem perawatan kesehatan yang relatif baik.

WHO sudah menyatakan bahwa Swine flu “Unstoppable” dan memasuki tahap 6 yaitu “Widespread Human Infection”.

Sebagai contoh Negara Inggris sudah kewalahan untuk menangani penyebaran Flu Babi. Semua penderita diwajibkan untuk tinggal di rumah saja, tidak dianjurkan ke Rumah Sakit dan masuk ke website penanganan pandemi Flu babi. Dalam 1 (satu) jam, website dikunjungi 9 juta orang. Website tersebut membantu ana lisa apakah seseorang menderita Flu Babi atau penyakit yang mirip lainnya seperti Meningitis. Lalu bila sudah bisa dikonfirmasi mengalami indikasi terjangkiti penyakit Flu Babi, pada bagian akhir website tersebut akan memberikan nomer untuk pengambilan obat Flu babi. Saksikan videonya.

Situasi di Indonesia menurut WHO pada tanggal 23 Juli ada 495 kasus flu babi. Di Asia tenggara, Indonesia ranking ketiga setelah Thailand dan India.

Departemen Kesehatan RI menyediakan khusus website untuk penanggulangan Flu Babi. Berikut websitenya

Indikasi/ciri-ciri terserang Flu babi :

  • Panas badan melebihi 38 C
  • Terasa lelah (Lethargy)
  • Tidak ada nafsu makan
  • Hidung mengalir
  • Merasa sakit tenggorokan bila menelan
  • Batuk
  • Otot-otot sakit
  • Sambungan tulang nyeri
  • Mual-mual dan ingin muntah
  • Diare

Ciri-ciri terserang flu babi

 

Cara mencegah Flu babi :

Cara mencegah penularan Flu Babi dilakukan melalui langkah-langkah “kebersihan diri” (Personal Hygiene) dan meningkatkan ketahanan tubuh (makan makanan bernutrisi, minum banyak air dan cukup istirahat). Lihat poster di bawah ini (WHO),

 Mencegah Flu babi

Salah satu pencegahan yang paling efektif adalah dengan mencuci tangan. Sampai-sampai WHO mengajarkan secara rinci metoda mencuci tangan yang terbaik. Lihat poster dibawah ini ( WHO) 

Mencegah flu babi : mencuci tangan

Sekedar perenungan :

Apakah flu babi ini merupakan bentuk kemurkaan Tuhan terhadap hamba-hamba-Nya yang banyak berbuat dosa dan kerusakan di bumi ini ??

Semoga kita terhindar ari segala bala dan bencana, Amiin.

Updated: August 6, 2009 — 9:21 am