GOOGLE MAPS Tutorial, Melakukan Pencarian Tempat Yang Efektif (Seri I)

Google Maps sebagai salah satu sumber sistem informasi geografi (Geographic Information System) merupakan layanan yang memiliki banyak fungsi yang bisa kita manfaatkan secara GRATIS. Misalnya untuk mencari alamat suatu tempat, membuat informasi alamat, memberikan informasi peta situasi, dan masih banyak fungsi yang terpendam dalam Google Maps. Dari analisa traffic Alexa Rank, Google Maps berada pada urutan/rangking 1. Hal ini menunjukkan bahawa Google Maps menjadi salah satu layanan yang paling banyak dicari para pengguna komputer di seluruh dunia. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita ikut memanfaatkan layanan Google Maps ini. Secara berseri saya akan mencoba memberikan tutorial penggunaan Google Maps.

 Google Maps

Syarat untuk menggunakan Google Maps cukup simple, hanya perlu sebuah komputer yang terhubung internet dan internet browser.

Pada tutorial seri I penggunaan Google Maps ini, kita akan membahas mengenai cara pencarian suatu tempat dengan cara yang efektif. Mengapa harus efektif ? Sebab jika kita tidak tahu caranya maka hasil pencarian dengan menggunakan kata kunci yang kita masukan tidak akan memberikan hasil yang sesuai, bahkan tidak menghasilkan pencarian apa-apa.

BACA JUGA :  Thunderbird, Fitur Profile dan Password Profile

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pencarian alamat/tempat yang efektif :

  • Google Maps belum memiliki kemampuan pencarian alamat sampai detail hingga no rumah. Jadi jika kita mencari alamat dengan kata kunci : “Jalan Pinus 2 no 1, Tangerang” , tidak akan memberikan petunjuk alamat yang sesuai.
  • Google Maps, belum meng-cover seluruh peta dunia secara detail, hanya kota-kota besar yang di-cover, seperti kota-kota yang ada di Pulau Jawa dan Bali saja.
  • Saat melakukan pencarian alamat menggunakan kata kunci, misalnya, kita mencari alamat : Jalan Pinus 2, Tangerang. Maka Google Maps harus kita arahkan dahulu ke nama kotanya. Baru kemudian mengetikan : Jalan Pinus 2, Tangerang.

Google Maps, Pencarian nama kota

Pencarian Nama Kota

Google Maps, Pencarian nama jalanPencarian Nama Jalan 

  • Jangan menyingkat alamat jalan dengan jl

Demikian tutorial seri I penggunaan Google Maps semoga bermanfaat.

Berikan review artikel ini menurut Anda :
Updated: July 24, 2009 — 1:23 pm

1 Comment

  1. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat
    http://kombes.Com

     

Comments are closed.

Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: