FREE ONLINE OCR, Layanan Gratis OCR via Online

OCR (Optical Character Recognition) adalah terjemahan secara elektronik dari dokumen berbentuk gambar, pdf atau hasil scanning menjadi dokumen berbentuk teks yang bisa di edit.

Misalnya, saya ingin menyalin teks pada satu halaman majalah ke dalam dokumen Ms Word. Cara konvensional yang saya lakukan adalah mengetik ulang satu halaman majalah tersebut. Tentu saja cara konvensional ini akan banyak menghabiskan waktu. Maka cara yang paling simpel / sederhana adalah dengan cara melakukan scan halaman majalah tersebut menggunakan scanner. Hasil scanner tersebut adalah file atau dokumen dalam format Image atau PDF berbasis Image.

OCR illustrarion

Lalu bagaimana caranya agar dokumen hasil scan tersebut bisa di edit, sebab format dasarnya adalah Image ? Untuk menerjemahkan hasil scan / dokumen berbasis image / gambar, kita membutuhkan software OCR. Software OCR tersebut akan menangkap teks dalam dokumen image untuk kemudian teks tersebut dapat disimpan dalam bentuk dokumen yang bisa meng-edit teks (Notepad, Word, OpenOfiice dll)

Contoh software OCR yang terkenal adalah : Omni Page, ABBYY Fine Reader, dan IRIS. Sayangnya software tersebut tidak gratis (berlisensi). Ada software OCR gratis bernama SimpleOCR tetapi tidak memberikan hasil yang baik saat menterjemahkan teks berbasis image ke dalam teks murni yang bisa di edit.

Ada satu solusi yang lebih mudah untuk melakukan penterjemahan teks berbasis image menjadi teks murni yang bisa di edit. Yaitu menggunakan layanan online (internet) gratis FREE ONLINE OCR.

FREE ONLINE OCR

Cara menggunakan layanan FREE ONLINE OCR ini sangat mudah, kita hanya perlu meng upload file hasil scan berbentuk PDF, JPG, GIF, TIFF dan BMP. Kemudian kita tunggu proses beberapa saat, maka FREE ONLINE OCR ini akan memberikan hasil menangkapan teks yang bisa di edit dan langsung di copy. Cara yang sangat mudah dan cepat untuk melakukan OCR tanpa perlu software apapun.

Updated: July 3, 2009 — 11:10 am