Membuat Sendiri Software Pengaman Folder (Lock Folder)

Bagaimana cara  kita mengamankan file-file penting yang rahasia selama ini ? Menggunakan software bajakan seperti FolderLock, FolderGuard, Folder Castle, Hide N Lock Folder, dll ? Memang menggunakan software bajakan paling gampang, tetapi cara itu kurang elegan dan melanggar hak cipta. Selain itu kebanyakan software bajakan telah disisipi program jahat seperti virus atau trojan.

Ada cara yang lebih elegan dan gratis, menggunakan software buatan sendiri untuk mengamankan folder yang berisi file-file penting dan rahasia, yaitu dengan membuat BATCH FILE Dos. Perhatikan ilustrasi sebagai berikut,

image 

Folder bernama Locker berisi data-data penting yang akan diamankan. Untuk mengamankannya, saya tinggal menjalankan (dobel klik) file LockFolder (53 KB – Application). Selanjutnya mengisi password untuk membuka LockFolder (saya buat proteksi ganda, 1 password untuk mengamankan LockFolder dan 1 password lagi untuk mengamankan Folder). Kemudian mengisikan Y untuk mengamankan folder.

image   image

Setelah mengetikan Y, semua window Folder Locker akan menghilang dan folder Locker yang berisi file-file penting juga menghilang. Ini artinya folder telah di amankan.

Untuk membuka atau memunculkan kembali folder Locker yang menghilang, jalankan kembali LockFolder, isikan password untuk membuka LockFolder. Dan isikan password untuk membuka folder Locker. Setelah mengetik password dan menekan Enter maka folder Locker akan muncul kembali.

image 

Yang jadi pertanyaan dari ilustrasi di atas adalah,

Katanya tidak menggunakan software, tapi kok di atas menggunakan LockFolder yang berjenis aplikasi (Application) ? Tenang dulu, kita perhatikan lagi daftar file di bawah ini :

image

LockFolder Application (.exe) adalah aplikasi hasil conversi dari LockFolder MS-Dos Batch File (.bat). Jadi file utamanya tetap LockFolder.bat, yang bisa kita buat menggunakan Notepad.

Jadi ringakasan langkah-langkahnya :

  1. Buat file LockFolder.bat menggunakan editor Notepad, kemudian Save
  2. Agar file LockFolder.bat tidak bisa terlihat kode-kodenya dan tidak bisa diedit, karena jika bisa diedit akan terlihat password untuk membuka pengaman folder yang di proteksi, dilakuakan konversi dari .bat menjadi .exe menggunakan bantuan freeware.
  3. Untuk mengamankan dan mempermanis penampilan file LockFolder.exe, kita bisa menambahkan password dan mengubah icon LockFolder.exe
  4. Selanjutnya adalah tinggal memakai LockFolder

Untuk langkah-langkah detailnya, tunggu posting berikutnya…

Updated: May 12, 2009 — 11:11 am

4 Comments

  1. mana format untuk di buat di notepadnya? kurang jelas nich…

  2. ups maap.. giini fdeh k’lo g’ baca jelas2… dah dapet koq!!!

  3. Mau folder lock beneran, ga akan terlihat di safe mode, dos, atau folder option.
    – Bisa hide file, folder bahkan extension.
    – Support Windows explorer Drag n Drop.
    – tidak terdeteksi virus n Anti Virus
    – Support NTFS, FAT32 maupun FAT File Sistem.

    Jadi file, folder, etension yang di lock pake BrajaLocker ga bisa kena Virus.
    Download BrajaLocker di http://www.brajatechnology.blogspot.com

    Produk Indonesia, Gratis dan keren.

Comments are closed.