Berburu NEWS FEED

image Bagi para pemilik blog yang rajin meng-update blognya tentu membutuhkan  sumber atau referensi bahan bacaan untuk menjadi sumber inspirasi posting. Yang paling gampang tentu melakukan blog walking (berkunjung ke blog orang lain). Tapi jika waktu kita sedikit aktivitas blog walking akan memakan banyak waktu. Maka untuk menghemat waktu, kita bisa berlangganan News Feed dari blog favorite kita, tentu saja blog tersebut harus mendukung sindikasi News Feed seperti RSS dan Atom. Baca selengkapnya tentang apa itu RSS Feed di sini.

Kemudian untuk mengorganisir News Feed dari blog atau website faorite, kita bisa menggunakan layanan website seperti Google Reader dan  My Yahoo. Atau juga bisa menggunakan software seperti FeedReader dan FeedDemon. Tutorial cara penggunaan FeedReader pernah dibahas pada posting berjudul Memanfaatkan FEEDREADER Untuk Membaca Posting Web/Blog.

Yang kemudian menjadi pertanyaan berikutnya adalah, bagaiman kita bisa mencari blog / website yang mendukung News Feed dengan cara yang praktis dan cepat. Misalnya kita mau berlangganan Feed pada blog yang mana saja untuk topik bahasan Freeware, maka ada 2 cara pencarian :

  1. Menggunakan software FeedReader
  2. Menggunakan layanan web pencari Feed bernama FEEDMIL

Mari kita bahas satu persatu

1. Menggunakan FeedReader untuk mencari Feed

  • Buka FeedReader
  • Klik menu File –> klik New –> klik Search feed

image

  • Ketik topik Feed yang kita ingin cari, misalnya tentang Freeware. Kemudian pilih sumber pencarian Feed, misalnya dari Goolge Blog dan MSN Search, beri ceklist pada pilihan Select search service to be used in this search. Lalu klik OK.

image

  • Akan muncul hasil pencarian Feed dengan topik Freeware.

image

2. Menggunakan layanan pencari Feed bernama FEEDMIL

  • Ketik topik pencarian “Freeware” pada kotak pencarian. Lalu klik tombol Search. Kita juga bisa mengatur relevansi pencarian dengan menggeser tombol surprising——–well known. Jika tombol digeser ke arah well known, maka hasil pencarian akan diarahkan ke blog atau website yang sudah sangat tenar atau populer dengan topik yang dicari.

image

  • Setelah mendapat hasil pencarian, kita juga bisa mengatur filter (pemilihan) hasil pencarian feed dengan kriteria tertentu. Juga mengatur tingkat signifikansi berkaitan dengan topik yang dicari.

image Semoga bermanfaat

Updated: May 9, 2009 — 3:55 pm