SITEMAP, Bantu Serach Engine Meng-Crawler Website

image Salah satu teknik Search Engine Optimation (SEO) adalah membuat sebuah file bernama sitemap (biasanya bernama sitemap.xml), kemudian meng-upload-nya pada server hosting pada direktori public_html atau pada direktori di mana terdapat file index.html atau index.php.

Apa sebenarnya Sitemap dan kegunaannya pada teknik SEO ?

Definisi Sitemap.xml menurut Wikipedia :

“Sitemap adalah protokol yang memungkinkan webmaster untuk memberitahu mesin pencari tentang URL di sebuah situs web yang tersedia untuk dijelajahi. Sitemap adalah file XML yang berisi URL situs. Hal ini memungkinkan webmaster untuk menyertakan informasi tambahan tentang setiap URL: update/perubahan terbaru, seberapa sering perubahan itu, dalam kaitannya dengan URL lainnya di situs tersebut. Hal ini memungkinkan mesin pencari untuk menjelajah situs lebih cerdas.“

Definisi singkatnya, sitemap adalah sebuah file yang membantu search engine untuk meng-crawler atau meng-index situs atau website. Terutama website yang menggunakan hosting dan domain sendiri.

Dengan keberadaan sitemap ini diharapkan suatu website akan ter-index oleh search engine dengan lebih cepat dan efektif (semua halaman website bisa ter-index).

BACA JUGA :  Fanpage Facebook dan SEO

Sitemap ini terutama sangat berguna untuk website yang susah terindex oleh searc engine karena menggunakan format Flash atau Ajax.

Bagaimana cara membuat file sitemap ini ? Mari kita pelajari

Format isi file sitemap (sitemap.xml) adalah sebagai berikut :

image

Wah, repot sekali ya kalo harus mengetik kode-kode tersebut sendiri. Tenang saja dengan menggunakan alat bantu tertentu kita bisa men-generate (membuat) file sitemap.xml dengan sangat mudah. Alat bantu tersebut adalah :

  1. Bagi pemilik blog yang menggunakan Software WordPress, bisa menambahkan Plugin SiteMap Generator.
  2. Untuk website (hosting dan domain sendiri) lainnya dapat dibuat secara online dengan mengunjungi website : http://www.xml-sitemaps.com

Untuk langkah cara membuat sitemap.xml dan melakukan submit ke Google, ikuti posting selanjutnya.

SITEMAP, Bantu Serach Engine Meng-Crawler Website

Berikan review artikel ini menurut Anda :
Updated: April 20, 2009 — 11:21 am

4 Comments

  1. salah satu cara biar agar website familiar dengan search engine adalah mendaftarkan diri anda ke website-website penyedia fasilitas search engine…
    Biar website bisa dicari google
    http://www.google.com/addurl/?continue=/addurl
    Mau canggih lagi pake sitemap
    http://www.google.com/webmasters/sitemaps/login
    Submit ke Yahoo
    http://www.yahoo.com/info/submit.html
    ke Dmoz
    http://www.dmoz.com/addurl.html
    atau mau lebih mudah lagi submit ke google.com. Ketik keyword Free Submission

    Kalo mau tahu lagi tentang Search Engine Optimation dan Ilmu Komputer Lainnya coba aja submit ke http://mr-amateur.co.cc
    bagian tips-triknya…
    thanks before…
    Nice web..

     
  2. Mr-Amateur,

    Thanks tambahannya. Kalo mau simple untuk mendaftarkan web/blog kita ke search engine, bisa menggunakan software Internet Business Promoter (IBP). Sayanganya software ini tidak gratis.

     
  3. nice info

    thanks,

     

Comments are closed.

Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: