Heboh Lagi : 10 Produk Susu Mengandung Melamin

Bahaya Melamin Baru saja pagi ini saya mendengarkan radio Trijaya FM Jakarta dalam acara Jakarta First Channel, ada berita yang cukup menghebohkan. Berita tersebut adalah terdapat 10 produk susu dan turunannya yang mengandung melamin. Berita heboh tersebut diumumkan oleh YLKI (Yayasan Konsumen Indonesia).

Cuplikan beritanya, salah satunya di Media Indonesia, menyebutkan seperti ini :

“Masyarakat belum aman dari susu dan produk makanan yang mengandung melamin. Dari uji sampel Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengungkapkan 10 dari 28 merek susu dan produk makanan terbukti mengandung melamin.
"Untuk uji sampel, kami membeli produk di sejumlah supermarket dan toko di Pasar Baru, Cempaka Mas, Mangga Dua, dan Kelapa Gading, Jakarta," kata Ketua YLKI Huzna Zahir pada jumpa pers di Jakarta, Rabu (4/3).

Pihak YLKI mengatakan pemilihan lokasi-lokasi tersebut dengan asumsi sebagai pintu masuk produk impor baik yang legal maupun ilegal. Produk yang dijadikan sampel merupakan produk impor susu dan turunannnya dari China yang dicurigai produk impor tetapi dikemas seolah-olah produk lokal.
Untuk menguji sampel pada Desember 2008, YLKI menjalin kerjasama dengan Laboratorium Afiliasi Departemen Kimi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA-UI). Hasil uji sampel itu mengungkapkan bahwa 10 dari 28 merek susu dan produk makanan terbukti mengandung melamin. Jadi sebanyak 36% mengandung melamin. ”

BACA JUGA :  Catatan Awal Tahun 2012 : I Like Monday

Dan 10 produk susu dan turunan yang mengandung melamin adalah :

  1. Kino Bear Cokelat Kripsi (teregistrasi) dengan kandungan 97,28 ppm
  2. Yake Assorted Candies yang berbentuk panjang (tanpa registrasi) 45,09 ppm
  3. F&N susu kental (teregistrasi) 45,09 ppm
  4. Kembang gula Tirol Choco Mix (teregistrasi) 17,18 ppm
  5. Dutch Mill Yoghurt Drink Natural (terregistrasi) 15,98 ppm
  6. Pura Low Fat UHT Milk Beverage (teregistrasi) 11,70 ppm
  7. Nestle Bear Brand Sterilized Low Fat Milk (tanpa registrasi) mengandung melamin 10,88 ppm
  8. Crown Lonx Biskuit Rasa Cokelat (teregistrasi) 9,54 ppm
  9. Fan Fun Sweetheart Biscuit (tanpa registrasi) 3,17 ppm
  10. Yake Assorted Candies yang berbentung lonjong (tanpa registrasi) 1,15 ppm

Bahaya Melamin

Melamin adalah bahan terlarang untuk dicampurkan ke dalam makanan, tidak ada toleransi sedikitpun untuk dicampurkan ke dalam makanan. Melamin adalah bahan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia dan merupakan karsinogen (penyebab kanker). Ingat kasus susu bayi China yang telah memakan banyak korban ?

Untuk referensi mengenai bahaya melamin, silahkan baca di :

Pertanyaan kita sebagai konsumen adalah : kemana saja BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) yang merupakan badan milik pemerintah, yang seharusnya MELINDUNGI MASYARAKAT DARI OBAT DAN MAKANAN YANG BERISIKO TERHADAP KESEHATAN (lihat Visi dan Misi BPOM di http://www.pom.go.id/profile/visi_misi.asp) ..????

BACA JUGA :  Kudeta Turki Berhasil Digagalkan

 

Heboh Lagi : 10 Produk Susu Mengandung Melamin

Berikan review artikel ini menurut Anda :
Updated: March 5, 2009 — 8:32 am

1 Comment

  1. Wah… harus lebih ati-ati lagi neh untuk memilih susu atau snack buat anak. Takutnya mengandung melamin. Semua melamin, mana yang tidak yak???

    Pusing deh….

     

Comments are closed.

Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: