PICPICK, Freeware Screen Capture Pesaing Hypersnap dan SnagIt

image Bagi para praktisi blog (blogger), web designer, pembuat presentasi, penulis buku, ilustrator  dan sebagainya, tentu membutuhkan software untuk menangkap tampilan dilayar komputer (screen capture). Jika sudah terbiasa menggunakan aplikasi yang berbayar seperti Hypersnap dan SnagIt, tetatpi masih belum bisa beli yang original alias bajakan, sudah saatnya mencoba aplikasi screen capture yang gratis alias freeware. Salah freeware screen capture yang patut diperhitungkan untuk menggantikan posisi Hypersnap dan SnagIt bajakan adalah PICPICK.

image

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan Hypersnap akan mudah menyesuaikan diri dengan PICPICK ini, sebab interface atau layoutnya mirip. Bahkan HotKeys untuk melakukan screen capture dapat di samakan dengan HotKeys HyperSnap hanya dengan memilih template HotKeys yang telah disediakan.

Bahkan ada beberapa feature yang tidak dimiliki oleh screen capture berbayar. Feature tersebut antara lain :

  • Pixel Ruler, yang berguna untuk pedoman pengukuran dimensi image.
  • Protractor, yang berguna untuk pedoman menetukan radius derajat screen capture.
  • Cross Hair, yang berguna untuk menentukan koordinat titik creen capture.
  • Color Picker, yang berguna untuk mengambil sampel warna pada layar komputer.

Bagian feature yang kurang dibandingkan dengan software screen capture berbayar adalah kurangnya fasilitas pemberian efek pada image yang telah di capture. Tapi kekurangan tersebut bisa di atasi dengan menggunakan image editor yang lebih lengkap tetapi gratis seperti GIMP.

Silahkan download PICPICK di sini.

PICPICK, Freeware Screen Capture Pesaing Hypersnap dan SnagIt.

Updated: March 3, 2009 — 9:04 am

1 Comment

  1. Artikelnya bagus mas, makasih atas infonya 😀

Comments are closed.