SVCHOST VIEWER, Identifikasi Proses svchost.exe Yang Running

Saat kita menjalankan Windows, kemudian kita munculkan Task Manager (tekan tombol CTRL+ALT+DEL) maka kita akan melihat begitu banyak proses yang berjalan di belakang layar(background process). Dengan menggunakan software Process Explorer maka kita bisa mengidentifikasi proses-proses yang berjalan tersebut, apakah berbahaya atau tidak.

Process Explorer

Ada yang menggelitik kita saat mengamati Background Process pada komputer Windows kita, yaitu keberadaan sebuah proses yang bernama  svchost.exe. Mengapa menggelitik, sebab ada labih dari satu proses svchost.exe yang berjalan, di komputer saya bahkan ada 7 buah svchost.exe yang berjalan.

windows task manager

Apakah proses svchost.exe itu ? Untuk menjawabnya kita bisa membacanya di wikipedia. Jika ingin lebih jelas dan detail kita bisa menggunakan bantuan sebuah software portabel ukuran kecil (44 kb) bernama SVCHOST VIEWER.

Svchost Viewer

Software SVCHOST VIEWER ini memberikan penjelasan kepada kita deskripsi semua proses svchost.exe yang sedang berjalan dan menunjukan dari manakah proses svchost.exe tersebut berjalan (program path). Hal ini sangat penting untuk mengidentifikasi apakah svchost.exe yang sedang berjalan adalah proses yang aman. Sebab banyak service ilegal (virus, trojan) yang menyamar sebagai proses yang mempunyai nama mirip dengan proses dari Windows.

Download SVCHOST VIEWER di sini

SVCHOST VIEWER, Identifikasi Proses svchost.exe Yang Running

Updated: February 3, 2009 — 9:42 am