ARSCLIP, Freeware Untuk Menyimpan Aktifitas Copy Pada Clipboard

Bagi para pengguna komputer, aktivitas copy-paste tentu menjadi bagian yang tidak dapat ditinggalkan. Terutama bagi para pengguna aplikasi Office Suite seperti Ms Office atau openOffice. Saat kita sering melakukan aktivitas copy, menjadi hal yang tidak praktis jika kita ingin kembali melakukan paste untuk beberapa langkah copy yang lalu. Misalnya, jika kita telah melakukan copy teks sebanyak lima kali, maka kita akan kesulitan jika hendak kembali mem-paste teks copy yang pertama, sebab windows clipboard hanya menyediakan data teks copy yang terakhir atau kelima.

Dengan bantuan freeware ARSCLIP portable (aplikasi Windows), semua aktivitas copy obyek (teks, image / file) akan disimpan sehingga pengguna tetap bisa mem-paste aktivitas copy yang manapun.

ArsClip Menu Config

 

Caranya penggunaannya cukup mudah :

  1. Download ARSCLIP di sini (zip, 721 KB)
  2. Ekstrak file (unzip) ke dalam hardisk komputer atau media penyimpanan lain. Sebaiknya buat folder baru, misalnya folder ArsClip.
  3. ArsClip ini adalah file portable jadi tidak perlu di install. Kemudian jalankan file ArsClip.exe sehingga muncul ikon huruf A seperti ini image  pada tollbar komputer sebelah kanan bawah.
  4. Cobalah melakukan copy teks beberapa kali.
  5. Kemudian untuk melihat daftar hasil copy teks tadi tekan CTRL+SHIFT+Z.
  6. Untuk mem-paste, pilih (klik) teks hasil copy yang manapun dalam daftar.

ArsClip Copy List

Untuk menyimpan aktivitas copy selain teks, pada menu ArsClip Config (dobel klik pada ikon image ) pilih Non-Text Item dan beri ceklist pada Enable Non-Text monitoring.

image

 

Semoga bermanfaat.

ARSCLIP, Freeware Untuk Menyimpan Aktifitas Copy Pada Clipboard

Updated: January 28, 2009 — 8:05 am

1 Comment

  1. Wah, perlu ni. Apalagi yang hobi copy-paste atau Print Screen untuk bikin Skrinsut. 🙂

Comments are closed.