ADBLOCK PLUS, Extension Firefox Untuk Mempercepat Browsing

imageBagi para pengguna internet yang menggunakan koneksi yang lelet, misalnya dialup nya Telkomnet Instan, tentu akan sering mengeluh jika berkunjung ke website yang memiliki banyak gambar dan iklan. Mengapa mengeluh ? Sebab proses untuk masuk ke website tersebut menjadi lama, proses loadingnya bisa membuat kita mengantuk karena tidak selesai-selesai loading. Hal ini terjadi karena gambar dan iklan adalah sebagian hal yang memakan bandwidth internet yang besar, sehingga memberatkan proses loading. Padahal mungkin tujuan kita berkunjung ke suatu website adalah untuk membaca artikelnya saja, tidak untuk melihat gambar, apalagi iklan.

Dengan menggunakan Mozilla Firefox dan tambahan ekstension ADBLOCK PLUS, maka kita bisa melakukan blocking terhadap hal-hal yang tidak kita perlukan saat berkunjung ke suatu website. Hal-hal yang tidak kita perlukan misalnya, image, animasi flash, iklan, java script, video dll. Sehingga dengan menggunakan ADBLOCK PLUS ini, pengguna internet akan diuntungkan karena hemat bandwidth dan hemat waktu saat browsing.

Siapa saja yang membutuhkan ekstension ADBLOCK PLUS ini ?

  • Pengguna internet yang menggunakan koneksi yang lelet. Misalnya menggunakan Dialup Telkomnet Instan.
  • Pengguna internet yang menggunakan koneksi yang dibatasi oleh kuota bandwidth. Misalnya menggunakan koneksi 3G yang dibatasi kuota 2 GB per bulan.
  • Pengguna internet yang tidak ingin diganggu oleh kemunculan image dan iklan karena letaknya yang tidak enak dipandan mata.

Cara menggunakan ekxtension ADBLOCK PLUS :

  1. Anda harus menggunakan browser Mozilla Firefox.
  2. Silahkan download ekstension ADBLOCK PLUS di sini.
  3. Instal ADBLOCK PLUS dan restart Firefox. Setelah terinstal, pastikan ada image yang bertuliskan ABP dengan latarbelakang berwarna merah di bagian kanan atas Firefox. image
  4. Kunjungi website yang akan diblock, misalnya iklan dari Google Adsense. Misalnya di situs www.ziddu.com akan kita block iklan dari Google (Google Adsense) yang ada.
  5. Klik ikon ABP di bagian kanan atas sehingga muncul jendela tambahan di bagian bawah Firefox yang berjudul : Blockable items on current page. Jendela ini berisi daftar link iklan dan image yang ada pada halaman yang sedng kita buka.
  6. Pilihlah list yang ada pada jendela Blockable items on current page. Pilihlah sampai Firefox mengarahkan ke bagian iklan yang hendak di block.
  7. Setelah terpilih klik kanan daftar link iklan yang hendak diblock dan klik : Block this item. Akan muncul jendela baru berjudul Add Adblock Plus Filter Rule, klik Add Filter.
  8. Setelah itu Anda akan melihat situs www.ziddu.com bersih dari iklan Google.

image

image

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

Updated: January 7, 2009 — 2:13 pm

1 Comment

  1. mantap banget memang addon yang satu ini…

    sama flashblock….

    keren dah pokoknya…bikin loading gak berat

Comments are closed.