FragExt, Freeware Untuk Defrag Secara Parsial

Bagi para pengguna Ms Windows tentu sudah tidak asing dengan suatu aktivitas yang bernama Disk Defragment. Aktivitas ini dimaksudkan untuk meningkatkan kecepatan performa Ms Windows dengan cara menata ulang (merapikan susunan) file-file yang ada di Hardisk. Pada saat pertama kali di instal, suatu software akan menempati ruang di dalam hardisk secara berurutan mengikuti alur seperti obat nyamuk bakar (mulai dari tengah samapi ke pinggir), seiring berjalannya waktu dan bertambah banyaknya software yang di instal maka susunan file-file tersebut di dalam hardisk menjadi tidak teratur dan tidak berurutan untuk tiap software. Artinya  jika satu software di instal maka seharusnya susunan dalam hardisk adalah tergabung mejadi satu ruang, tetapi lama kelamaan susunan software dalam hardisk tersebut menjadi terpencar pencar (ter-fragmen) sehingga keadaan terfragmen ini akan memperlama pembacaan file dalam hardisk sehingga menurunkan performa Ms Windows. Agar file-file yang terfragmen tersebut menjadi teratur kembali susunannya dalam hardisk maka di lakukan suatu aktivitas yang bernama DEFRAGMEN. Di Windows XP, Defragmen dilakukan dengan cara klik START –> PROGRAMS –> ACESSORIES –> SYSTEM TOOLS –> DISK DEFRAGMENTER.

Disk Defragmenter bawaan Ms Windows melakukan defragmen file secara keseluruhan di hardisk sehingga semakin banyak file atau software yang terdapat dalam hardisk maka proses defragmen tersebut akan semakin lama, bisa mencapai hitungan jam. Tentu saja proses defrag yang selama ini akan sangat memboroskan waktu. Kalau komputer/laptop millik pribadi mungkin proses defrag bisa dilakukan malam hari tetapi jika komputer/laptop tersebut ada di kantor yang memiliki power atau sumber listrik terbatas tentu proses defrag tidak bisa dilakukan malam hari dan tidak juga di siang hari. Maka bagaimana solusinya melakukan proses defrag yang tidak memakan waktu lama ? Yaitu dengan melakukan proses defrag secara parsial (tidak keseluruhan hardisk) terhadap file tunggal atau foler menggunakan bantuan freeware FragExt.

Setelah di instal, FragExt akan terintegrasi ke dalam Windows Explorer yang di aktifkan dengan cara sorot file atau folder yang akan di defrag -> klik kanan tombol mouse –> klik FragExt

FragExt 

Untuk download FragExt di sini.

Updated: November 17, 2008 — 10:20 am

3 Comments

  1. Artikel anda di

    http://freeware-scripts.infogue.com/fragext_freeware_untuk_defrag_secara_parsial

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

  2. ini yang saya cari, jadi bisa defrag folder, terimakasih.

Comments are closed.