Mengapa Saya Tidak Mendaftar FACEBOOK

Hari ini dan beberapa hari yang lalu saya mendapatkan email dari seseorang. Nama penirimnya ada yang saya kenal, tapi hari ini saya mendapatkan email dari nama yang tidak saya kenal. Isi emailnya senada yaitu meminta agar saya membuka profile FACEBOOK mereka dan ada anjuran agar saya mengklik  link untuk mendaftar FACEBOOK. Salah satu contoh emailnya seperti di bawah ini :

Facebook_email

From : <nama>         To : <nama kita>

Subject : Lihat profile Facebook saya 

Karena saya merasa tidak mengenal si pengirim email maka saya ingin mencari informasi detail siapa di balik nama pengirim itu, caranya yaitu dengan cara meng klik kanan lalu klik Properties (saya menggunakan Outlook Express) dan informasi berikut yang saya dapatkan :

FacebookEmail_2

Perhatikan yang saya beri warna hijau dan merah. Yang warna hijau adalah nama yang tercantum dalam From (dalam contoh di atas pengirimnya adalah Mariah Agustina) dan yang warna merah adalah pengirim email sebenarnya (yaitu : invite…….@facebookmail.com). Saya yakin nama orang yang ada di kolom From tidak melakukan pengiriman email tersebut kepada saya karena saya tidak mengenalnya. Jadi kesimpulannya Email tersebut adalah SPAM.

BACA JUGA :  Cara Aman Ber Facebook an

Tindakan mengirimkan email SPAM adalah salah satu hal yang tidak baik dalam dunia internet, bahkan bisa jadi melanggar etika dan hukum. Sebab email SPAM sangat mengganggu karena tidak diinginkan kedatangannya, selain itu email SPAM juga akan memenuhi INBOX kita. Yang mengherankan adalah mengapa yang melakukannya adalah salah satu situs jejaring sosial bernama FACEBOOK. Padahal menurut saya nama FACEBOOK sudah cukup dikenal di dunia internet, mengapa harus menggunakan cara-cara yang tidak baik untuk mempopulerkan dirinya.

Yang saya takutkan adalah penggunaan virus atau trojan yang disebarkan melalui orang-orang yang mendaftar menjadi anggota FACEBOOK. Buktinya adalah, darimana para member FACEBOOOK mendapatkan alamat email saya ?  Kemungkinannya adalah dengan cara ‘mencuri’ dari address book email atau email cleint (Outlook, Thunderbird) yang ada di komputer. Dan pencurian itu dilakukan dengan menyusupkan kode jahat (virus atau trojan). Iya kalau yang dicuri cuma daftar alamat email saja, kalau kemudian informasi rahasia seperti user id dan password juga dicuri menggunakan virus/trojan tersebut, akan sangat membahayakan bukan ? Itulah alasan mengapa saya tidak mendaftar di FACEBOOK karena terlalu beresiko.

BACA JUGA :  Gempa Bumi 7,6 SR Sumatra Barat, 30 September 2009

Saran saya, pertimbangkan kembali jika mau mendaftarkan diri menjadi anggota suatu situs jejaring sosial sperti FACEBOOK ini, sebab dari cara mempromosikan dirinya menggunakan cara-cara yang tidak baik seperti menggunakan metode penyebaran virus. 

Berikan review artikel ini menurut Anda :
Updated: November 3, 2008 — 3:51 pm

8 Comments

  1. Gw blom puny facebook ni, tp w penasaran. Mo nyoba2 dulu , pa w hrs pake email baru ya buat face book jaa.. W penasaran sich.

     
  2. di facebook ada fasilitas dimana kita “meminjamkan” password address book kita kepada facebook, lalu facebook mengirimkan undangan ke orang-orang yang kita pilih dari address book, seizin pemilik address book tersebut

    ini bukan trojan atau program jahat karena semuanya dilakukan seizin dan sepengetahuan pemilik address book

     
  3. Assalamu’alaikum mas Mamo,

    Saya sdh baca mas mamo’, masuk akal juga.
    Tapi saya melihat masih lebih banyak manfaatnya, dan baru sedikit mudhorat yang saya ketahui.

    Wassalam,
    -arifunasiin-

     
  4. pendiri facebook adalah anggota suatu organisasi yang jelas-2 mendukung dan menyumbang zionis israel..
    cek di sini…
    http://www.aepi.org/site/pp.asp?c=geJQIUOwErH&b=2117027

    pertimbangkan keanggotaan anda di facebook

    facebook makin terkenal, makin banyak uang yg didapat, makin besar sumbangan ke israel, makin banyak warga palestina yang akan terbunuh…

     
  5. Saran saya,

    Kita harus sangat berhati-hati mengikuti situs jejaring sosial, atau lebih baik jika tidak usah mengikutinya, sebab banyak script berbahaya yang dipasang oleh orang-orang jail…

     
  6. Menjadi anggota facebook itu gratissss, Tentu saja keuntungan akan diperoleh facebook dari iklan-iklan yang ada. Biasanya sistem pembayarannya adalah per-klik. misalnya $0,5 setiap satu kali klik.
    Artinya walaupun kita aktif sebagai anggota facebook tetapi jika kita tidak mengklik iklan yg ada di facebook maka facebook tidak akan mendapatkan keuntungan sama sekali. Jadi sekali lagi, agar facebook ga untung JANGAN KLIK IKLAN FACEBOOK !.
    Tapi eiiit… ntar dulu, tidak perlu sampai boikot facebook atau resign dari facebook, Ada tips yang oke punya buat kita pengguna facebook :
    1.ajak teman sebanyak2nya join facebook
    2.JANGAN SEKALI2 BERIKLAN DI FACEBOOK DAN JANGAN KLIK IKLAN FACEBOOK. Disini mereka dapat duit.
    3.upload foto sebanyak2nya supaya space hardisk mereka habis dan harus beli hardisk lagi
    4.akses foto sesering mungkin sehingga server farm mereka kepenuhan sehingga harus beli server lagi
    5.Gunakan facebook untuk promosi ANTI ISRAEL. Belakangan ini Israel lagi bingung, facebook yang asalnya digunakan untuk menyebarkan ke-Israel-an mereka, berubah menjadi corong SOLIDARITAS PALESTINA. (Tau rasa lho..)
    Intinya adalah bagaimana meminimasi pendapatan facebook dan memaksimalkan cost operasionalnya.Soalnya ada kita ataupun enggak di facebook, facebook akan tetap ada dan menjaring orang2 muslim lain di dunia selain kita. Gunakan saja senjata mereka terhadap mereka sendiri.

     
  7. Ass.wr.wb.
    Analisis Mas Isparmo sederhana dan mudah dimengerti..
    Sepertinya dalam beberapa waktu ke depan, perangai buruk facebook baru deh semakin nyata. Dan saat itu kita baru tersentak…

     

Comments are closed.

Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: