SYSTEM EXPLORER, Freeware Pemonitor, Penganalisa dan Pengatur System Komputer

Bagi para pengguna Windows tentu sudah tidak asing dengan perintah CTRL+ALT+DEL yang akan memunculkan Windows Task Manager yang biasanya menjadi senjata ampuh untuk mematikan software atau proses error yang membuat hang. Sebenarnya tidak hanya itu saja kegunaan Windows Task Manager (WTM), bagi pengguna komputer yang peduli terhadap keamanan komputernya bisa memantau proses apa saja yang yang sedang berjalan di background komputer (tidak terlihat pada tampilan layar) sehingga bisa dianalisa mana saja proses-proses yang berbahaya. Proses-proses yang ditampilkan di WTM masih harus dianalisa mana yang bahaya dan mana yang aman. Uuntuk para System Analist atau System Administrator hal ini mungkin menjadi hal yang mudah. Tapi bagi para pengguna umum atau awam akan kesulitan menganalisa proses-proses yang berjalan tersebut sebab banyak nama proses yang kelihatan aneh dan asing, ditambah lagi tidak ada keterangan yang cukup jelas menjelaskan masing-masing proses tersebut. Nama-nama proses tersebut misalnya, alg.exe, crss.exe, lsass.exe, svchost.exe dll. Apakah Anda mengenal proses-proses tersebut ?

Windows Task Manager

Bagi para pengguna komputer pada umumnya memerlukan bantuan software khusus untuk menganalisa proses-proses yang berjalan di komputernya. Software itu harus sejelas mungkin memberikan informasi mengenai proses yang berjalan, informasi itu minimal, nama dan path filename, siapa pembuatnya, perusahaan pembuatnya dan deskripsi proses tersebut. Akan lebih baik lagi jika software itu bisa melakukan scanning atau identifikasi mengenai bahaya atau tidaknya proses tersebut. Apakah software tersebut telah tersedia ? Ya sudah tersedia bahkan sifatnya freeware dan portable. Salah satu software freeware dan portable untuk menganalisa proses-proses yang berjalan di background Windows adalah SYSTEM EXPLORER.

System Explorer

Dengan ukuran file hanya 1.7 MB setelah di ekstrak, SYSTEM EXPLORER versi portable merupakan software yang powerfull untuk memonitor, menganalisa dan mengatur system komputer. Tidak hanya itu, software ini juga memiliki semua fungsi Windows Task Manager, dapat melakukan uninstall software yang tertanam dalam komputer, memonitor koneksi komputer (TCP/IP, UDP dll), menampilkan module system yang terbuka, mengatur software atau proses yang berjalan secara Autorun, memonitor dan mengatur file-file driver (dll) yang sedang berjalan dll beberapa fungsi penting lainnya.

Secara umum, SYSTEM EXPLORER patut untuk dicoba sebagai alternatif pengganti Windows Task Manager, karena memiliki banyak kelebihan, bersifat freeware dan ada versi portablenya.

Download SYSTEM EXPLORER di sini (zip, 950 KB).

Updated: October 30, 2008 — 8:58 am