REACT OS, OS Gratis Pesaing Windows

Satu lagi pesaing Operating System (OS) Ms Windows telah meluncurkan versi terbarunya. REACT OS adalah nama sebuah OS yang bersifat Open Source sehingga siapapun bisa mendownload dengan gratis, menginstalnya dan memodifikasinya tanpa takut disebut pembajak. REACT OS bukan turunan LINUX, REACT OS berbasis kepada Windows XP/2003, sehingga hampir semua style dan sistem Windows ditirunya. Misalnya yang sangat mirip adalah tampilan layoutnya, explorernya, dll. Sistem penamaan drive nya pun sama dengan Windows yaitu menggunanakn abjad C,D,E dst. Kita juga bisa menginstal driver hardware  dan software-software under Windows di dalam REACT OS ini, sehingga para pengguna Windows bisa langsung beradaptasi dengan REACT OS ini.

Berikut ini adalah beberapa screen shoot yang diambil dari REACT OS yang di virtualisasi menggunakan VMWare atau Virtual Box :

  image Layout REACT OS

image

REACT OS Explorer

Untuk download REACT OS di : http://www.reactos.org/en/download.html

Setelah Linux, tampaknya REACT OS akan menjadi pesaing terketat Microsoft Windows karena kemiripan dan sifat Open Source nya. Semoga bermanfaat.

Updated: October 21, 2008 — 9:13 am

6 Comments

  1. tampilannya koq lebih mirip windows 98 ya bos..

  2. Mbk Fachia,

    Memang REACT OS memang mirip Win 98 karena sepertinya dia mengurangi habis Graphics Interface nya agar minim space dan tidak membratkan memory. File instalasinya kan cuma 29 MB

  3. yup ..
    patut dicoba bang ..

  4. klo emang gratis didownload, software yang kompetible apa saja?apakah semua software yang bisa diinstal pada windows bisa juga diinstal disini?
    tolong dijawab lewat emali aku yah, thanks banget atas pencerahannya

  5. lagi cari-cari os gratis karena rencananya mo buka warnet keknya ini bisa jadi alternatif. Kalo pake linux pelanggan banyak yang ngak suka:) keknya bisa nyaigin linuxxp nih.. yang walo katanya opensource tapi mesti berbayar:(

    btw jawaban dari misbah gimana??? pengen tau juga nih apa semua program windows bisa jalan dan apakah trobleshoutingnya sama kek windows??? baik itu pengaturan lan dan internetnya??

  6. Mas Misbah & Ryan,

    Sorry baru di respon. Belum semua program Windows bisa jalan di REACT OS. Jadi saran saya jangan gunakan REACT OS untuk pemakaian sehari-hari dulu, seba masih tahap pengembangan (versi Alpha), tunggu dulu sampe versinya minimal Beta.
    Saya sendiri baru coba-coba menggunakan REACT OS pada lingkungan virtual (VMWare) jadi memang belum terlalu banyak mencoba instal-isntal software. Untuk informasi aplikasi apa saja yang bisa di jalankan silahkan lihat di
    http://www.reactos.org/support/index.php?page=db&view=comp&sec=name&letter=all&ajax=true

Comments are closed.