Pantau Website Tanpa RSS dengan Firefox

Masih ingat posting terdahulu dengan judul Memanfaatkan FEEDREADER Untuk Membaca Posting Web/Blog ?

Posting tersebut membahas penggunaan software FeedReader untuk memantau/memonitor website/blog yang mendukung RSS Feed. Dengan software tersebut pengguna tidak perlu susah-susah mengunjungi satu-persatu website/blog yang akan dibacanya. FeedReader akan selalu megikuti updating website atau blog sehingga pembaca tidak ketinggalan posting terbaru tersebut. Nah, sekarang jika website/blog yang secara rutin kita baca ternyata tidak mendukung RSS Feed maka kita tidak bisa menggunakan FeedReader untuk memantau updating web/blog tersebut. Lalu apakah bisa kita memantau updating web/blog yang tidak mendukung RSS Feed ?

 

Jawabannya tentu bisa, dengan mengunakan internet browser Mozilla Firefox dengan ditambah sebuah Addons bernama Update Scanner maka kita bisa memantau updating web/blog yang mendukung maupun tidak mendukung RSS Feed. Langkah penggunaannya adalah sebagai berikut :

1. Anda harus mempunyai internet browser Mozilla Firefox, kalau belum silahkan download di http://www.mozilla.com/en-US/firefox/

2. Dengan menggunakan Firefox downloadlah Addons Udate Scanner di https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/3362. Lalu lakukanlah instalasi dan restart (tutup dan buka kembali) Firefox.

3. Setelah terinstal, lihatlah di menu Firefox bagian Tool maka akan terdapat tambahan menu Update Scanner (Alt+U) :

 Firefox->Tools->Update Scanner 

4. Klik menu Tool->Update Scanner, maka akan muncul sidebar di sisi sebelah kiri

Update Scanner-Sidebar

5. Klik New Entry, lalu isilah Title dan URL web/blog yang akan dipantau. Lalu klik OK

UpdateScanner-NewEntry

6. Lalu klik Scan untuk melihat updating/perubahan web sejak kita menginstall Update Scanner. Jika memang ada updating atau perubahan pada web/blog maka akan keluar notifikasi/pemberitahuan berupa menu pop up dari pojok kanan bawah komputer, seperti ini :

UpdateScanner-Notofication

Kita juga bisa menambahkan web/blog lain untuk dipantau dengan mengulang langkah di atas. Semoga bermanfaat.

Updated: October 20, 2008 — 8:52 am