Menampilkan Presentasi di Blog

Kita tentu mengenal software untuk membuat presentasi seperti Ms Powerpoint atau OpenOffice Impress kan ? Kedua software tersebut diperuntukkan untuk membuat file presentasi secara offline, artinya file presentasi tersebut hanya bisa di buka, dilihat dan diedit jika dikomputer pemakai terinstal software yang sama atau sejenis. Bagaimana jika kita hendak menampilkan presentasi dihalaman blog kita ? Sehingga orang lain bisa melihat presentasi tersebut tanpa harus menginstal software apapun. Mari kita lihat contoh di bawah ini agar lebih jelas :

 
Salah satu penyedia layanan untuk membuat presentasi secara online adalah Google yang dikenal sebagai Google Docs. Untuk memanfaatkan layanan dari Google Docs ini kita harus terdaftar sebagai user Google, gampangnya kita harus mempunyai email di Google (Gmail).
Detail cara menampilkan presentasi di blog adalah :
  1. Lakukan login menggunkan account Goolge yang telah dimiliki
  2. Klik New, lalu klik Presentation
  3. Buatlah file Presentasi. Kita bisa mengubah tampilan/theme presentasi dengan cara klik kanan lalu klik Change Theme.
  4. Setelah file presentasi selesai dibuat lakukan penyimpanan (Save) dengan cara klik gambar disket atau klik File->Save.
  5. Untuk menampilkan presentasi tersebut diblog, klik tombol Share lalu klik Publish / Embed. Lalu klik Publish document  Google Docs - share
  6. Setelah muncul halaman This document is published on the web, copy paste code HTML yang disediakan ke halaman posting (bagian Source) blog. Lalu publish posting yang baru.Google Docs - Publish Document
  7. Selamat Mencoba
Updated: October 15, 2008 — 11:57 am