Google Earth Untuk Memantau Gempa

Wilayah Indonesia baru-baru ini mengalami gempa tektonik yang cukup besar. Seperti yang diberitakan detik.com tertanggal 11 September 2008 jam 07.10 “Gempa 7.6 SR Landa maluku – Sulut, Berpotensi Tsunami”. Sementara itu US Geological Survey (USGS) mencatat kekuatan gempa yang melanda Maluku tersebut sebesar 6.6 SR. Tanpa bermaksud mendebatkan mana yang lebih akurat tantang besaran kekuatan gempa tersebut, karena semua ukuran yang dilakukan manusia tidak ada yang absolut benar. Tapi paling tidak ada informasi yang menyebutkan terjadinya gempa tersebut walaupun info tentang besarnya kekuatan gempa Maluku tersebut berbeda-beda antara satu lembaga dengan lembaga lainnya.

Google Earth and Earthquaqe

Dengan bantuan Google Earth kita juga bisa mendapatkan informasi gempa secara uptodate. Dan informasi terjadinya gempa ini bersumber dari USGS. Cara mendapatkan informasi terjadinya gempa di seluruh dunia menggunakan Google Earth adalah sebagai berikut :

  1. Download Aplikasi Google Earth di http://earth.google.com/download-earth.html.
  2. Lakukan instalasi di komputer Anda.
  3. Jalankan Google Earth. (komputer harus terhubung dengan internet)
  4. Lakukakan Zooming (perbesaran) pada daerah bumi yang akan kita lihat gempanya. Misalnya, daerah Maluku, Indonesia.
  5. Pada side bar kiri bawah terdapat menu LAYERS, lakukan ceklist (V) pada Gallery dan ceklist juga pada bagian Earthquakes.

Google Earth Layers Menu  

Maka akan muncul bulatan warna merah Earthquake symbol in Google Earth sebagai simbol bahwa didaerah  tersebut telah terjadi gempa. Untuk informasi tambahan tentang gempa tersebut lakukan klik menggunakan mouse pada bulatan merah tersebut. Semoga bermanfaat.

Updated: September 11, 2008 — 8:51 am