RAMADHAN….Akhirnya Datang Juga

ramadhan Hari ini 1 September 2008 bertepatan dengan tanggal 1 Ramadhan 1429 Hijriah yang berarti hari pertama puasa Ramadhan. Bagaimana rasanya di hari pertama ini ? Masih sempat sahurkan ? Masih ngantuk berat pagi ini karena harus bangun lebih awal dari biasanya ? Biasanya di minggu pertama bulan puasa badan kita akan menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru, efeknya biasanya kita mudah terkena flu, badan lemas dan tidak bersemangat. Sebenarnya efek-efek tersebut bisa dihindari jika hari-hari sebelum puasa kita sudahterbiasa dengan bangun lebih pagi (untuk beribadah sholat malam sebelum adzan subuh berkumandang). Tapi membiasakan diri bangun lebih pagi memang berat, harus ada  niat dan komitmen yang sangat kuat untuk melaksanakannya. Dengan cara dipaksakan pada awalnya, kemudian membiasakan diri dengan hal itu maka lambat laun bangun lebih pagi akan menjadi hal yang mudah untuk dilakukan.

Bagi seorang muslim, bulan Ramadhan seharusnya menjadi waktu yang sangat tepat untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Sebab nilai pahala ibadah saat ini dilipatgandakan, selain itu seseorang juga mudah termotivasi dan ringan untuk melakukan ibadah karena banyak saudara saudara mulim yang melakukan kegiatan ibadah yang sama.

BACA JUGA :  Memperkirakan Awal Puasa Ramadhan 2013

Cuma sayang, tidak semua muslim menganggap bulan Ramadhan sebagai waktu yang baik untuk mengumpulkan pahala ibadah. Ada juga yang menganggap bulan Ramadhan atau bulan puasa ini sebagai beban yang berat, sebagai halangan yang mengekang kebebasan untuk makan, minum, berhubungan suami istri di siang hari. Mengapa bulan Ramadhan ini bisa dianggap sebagai sesuatu beban yang berat ? Sebab banyak orang yang menganggap puasa sebagai perintah wajib Allah semata, tanpa mempelajari hikmah atau manfaat dari puasa tersebut. Padahal puasa mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kehidupan ini. Dari sisi kesehatan misalnya, puasa itu menyehatkan, sebab, lambung kita diistirahatkan pada siang hari selama 30 hari, setelah 11 bulan lambung kita non stop bekerja mencerna makanan. Maka bulan puasa menjadi bulan untuk memperbaiki kondisi lambung menjadi fit kembali, meregenerasi sel-sel yang rusak, seperi mobil yang masuk ke bengkel untuk dilakukan service rutin. Sehngga setelah selesai masa perbaikkan maka lambung lebih siap melakukan tugasnya untuk 11 bulan kedepan. Dan banyak lagi manfaat yang bisa digali dari ibadah puasa atau ibadah lain, sehingga ibadah tidak dianggap sebagai beban yang berat.

BACA JUGA :  Hewan Juga Berpuasa

Semoga Ramadhan kali ini benar-benar menjadi ajang kita semua untuk memperbanyak ibadah (amalan positif) dan mengurangi atau menghilangkan amalan-amalan negatif sehingga saat Idul Fitri nanti kita bisa kembali menjadi manusia suci yang terbebas dari dosa.

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH RAMADHAN …….

Berikan review artikel ini menurut Anda :
Updated: September 1, 2008 — 8:59 am
Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: