SCREAMER RADIO, Software Untuk Mendengarkan Live Streaming Radio

Radio merupakan salah satu media elektronik yang telah menjadi kebutuhan hidup manusia modern saat ini. Selain sebagai media sumber informasi, radio juga menjadi media hiburan yang bisa membuat suasana menjadi menyenangkan. Karena radio telah menjadi bagian dari kebutuhan hidup manusia maka teknologi radio dikembangkan dengan dikombinasikan dengan jenis teknologi lain, seperti, radio yang ditanam dalam handphone, televisi, dan radio yang dikembangkan dengan teknologi internet. Dengan menggunakan internet maka siaran radio bisa didengarkan, tidak hanya secara lokal tetapi oleh siapa saja di seluruh dunia. Teknologi ini di sebut sebagai Live Streaming Radio. Belum semua stasiun radio, terutama di Indonesia, menggunakan teknologi Live Streaming ini. Berikut ini adalah daftar beberapa stasiun radio di Indonesia yang telah menggunakan teknologi Live Streaming :

Stasiun Radio URL Live Streaming
Mustang FM icyx://203.77.231.140:8000
Elshinta FM mms://202.158.49.136/elshinta
Prambors FM http://orange.ask.co.id:8000/1022fm.ogg.m3u
D Radio FM mms://radio.vstreamer.com/dradio
RRI Pro 3 FM http://www.rri.co.id/streaming/live.pls
Putra FM http://www.putrafm.upm.edu.my:8080/listen.pls
Radio My Quran http://myquran.org:8000/listen.pls
Radio Al Barokah http://radio.albarokah.or.id/listen.pls
HardRock FM http://radio.vstreamer.com/hardrock
Spin Radio Internet http://203.134.232.66:8000/spin.m3u
Radio Rodja http://rodja.sytes.net:8000/listen.pls
Cosmopolitan FM http://radio.vstreamer.com/cosmopolitan
I Radio FM http://radio.vstreamer.com/iradio
Maestro FM Bandung http://202.6.239.11:10925/radio.maestro.m3u
HeartBeat http://85.214.37.145:8000/listen.pls
Edutainment Radio http://sc7.spacialnet.com:18892/listen.pls
Triangle Voice Radio http://s9.viastreaming.net:7140/listen.pls
Naviri FM Surabaya http://streaming.nafirifm.net/listen.pls
Sonora FM Surabaya http://www.sby.dnet.net.id/onlineradio/sonora.asx
Tjap Radio Bandung FM http://www.radiobandung.co.cc/streaming/listen.pls
MQ FM Bandung http://mqfm.net/mqfm.m3u
Radio Tarbiyah http://www.radiotarbiyah.net/listen.asx
DuniaMP3.com http://s9.viastreaming.net:7470

Ada 2 cara untuk mendengarkan Live Streaming Radio, pertama, langsung ke website stasiun radio yang hendak didengarkan, kedua, dengan menggunakan bantuan software. Software yang bisa digunakan antara lain, Windows Media Player, WinAmp, dan Screamer Radio. Dan tutorial kali ini memilih software Screamer Radio sebagai software Live Streaming Radio, sebab selain ukuran filenya hanya sekita 1.6 MB (lebih kecil dibandingkan Windows Media Player, sekitar 11 MB, dan WinAmp sekitar 5 MB), Screamer Radio ini juga mempunyai fasiltas Recording, sehingga kita bisa merekam acara radio favorite untuk di dengarkan kembali di lain waktu. Screamer Radio ini merupakan freeware sehingga kita bebas menggunakannya.

Cara menggunakan Screamer Radio, sangat mudah,

Screamer Radio Screamer Radio_url_input

Tinggal download, install, masukkan (copy paste) url Live Streaming Radio maka kita bisa mendengarkan secara live radio favorite kita. Yang harus menjadi perhatian adalah koneksi internet yang digunakan harus yang cukup cepat (di atas 384 kbps, seperti menggunakan ADSL) agar kualitas suara Live Streaming Radionya tidak putus-putus. Untuk memilih stasiun radio, selain menggunakan copy paste url, Scream Radio juga menyediakan ratusan daftar stasiun radio luar negri sehingga kita tidak usah susah-susah mencari url Live Streaming secara manual. Bahkan untuk url stasiun radio di Indonesia juga sudah disediakan. Untuk memilih stasiun radio yang hendak didengarkan, klik menu Presets -> lalu pilih sesuka Anda stasiun radio berdasarkan group tertentu. Selamat mencoba.

Download Screamer Radio (Windows,  1.61 MB)

Updated: August 23, 2008 — 8:35 pm

2 Comments

  1. Makasih mas link url-nya. Ohya, tolong dong minta url radio streaming utk station fm di wilayah yogyakarta ya…thanks…

  2. Mas Mufasir,

    Untuk Radio di wilayah Yogyakarta sepertinya belum ada yang Live Streaming. Atau silahkan coba cek daftar stasuin radio di Indonesia :

    http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_stasiun_radio_di_Indonesia

Comments are closed.