Published On: Wed, Aug 13th, 2008

Makna 17 Agustus


Makna 17 Agustus Pekan ini sedang hangat-hangatnya pelaksanaan berbagai acara untuk menyambut tanggal 17 Agustus sebagai perayaan hari ulang tahun kemerdekaan RI. Acara ini biasanya berbentuk berbagai macam perlombaan yang diikuti oleh semua jenang usia mulai anak-anak sampai orang tua. Rame, rame sekali terutama bagi Anda yang tinggal diperkampungan atau pedesaan pasti akan merasakan suasana gegap gempita ini.

Selain gegap gempita perlombaan-perlombaan itu, apalagi yang terpikir oleh kita terhadap tanggal 17 Agustus ini ? Apakah itu…

Upacara Bendera ? Tanggal merah, berarti libur nasional ? Bendera merah-putih berkibar di mana-mana ?  Suasana meriah ? Atau Apa ?

Apakah sedemikian ringgannya makna 17 Agustus bagi kita semua bangsa Indonesia jika hanya dimaknai sebagai kegiatan seremonial dan formalitas sesaat saja, tanpa ada efek kebaikkan di masa datang ….?

Pernahkah kita berpikir tentang perjuangan para pahlawan perang kemerdekaan di masa lalu ? Sehingga seharusnya makna 17 Agustus itu bisa lebih mendalam, antara lain :

1. Rasa Syukur

Kemerdekaan Indonesia yang akhirnya dikumandangkan tanggal 17 Agustus 1945 adalah buah pengorbanan para pahlawan. Para pahlawan yang berjuang tanpa meminta balas jasa, yang mengorbankan apa saja bahkan nyawa mereka sendiri karena melihat penderitaan bangsa ini akibat kekejaman penjajah, terutama Belanda dan Jepang saat itu. Coba saksikan film perjuangan Jendral Sudirman yang demikian heroik dan mengharukan, dalam kondisi sakit masih bergerilya memimpin perang melawan penjajah Belanda. Demikian besar jasa mereka bagi kita semua sehingga sudah seharusnya kita mengucapkan, “Puji syukur kehadirat Mu Allah, Engkau telah mengkaruniakan kepada kami para pahlawan yang rela berjuang demi terlepasnya bangsa Indonesia dari kesengsaraan. Terima kasih pahlawan, karena engkaulah kami sekarang bisa merasakan sesuatu yang lebih bermakna dan lebih baik.

Walaupun negara penjajah (Belanda dan Jepang) dahulu kala, lebih banyak membuat penderitaan bagi bangsa Indonesia tetapi ternyata ada sedikit sisi-sisi positif yang mereka tinggalkan di Indonesia tercinta ini. Pembangunan jalan dari Anyer sampai Pamanukan adalah ide Belanda saat itu yang sampai sekarang masih bisa kita manfaatkan keberadaan jalan tersebut. Kemudian pembangunan sarana infra struktur lain seperti jalur kereta api dan pabrik-pabrik gula pasir adalah ide dari penjajah juga. Walaupun para penjajah hanya memberikan sebatas ide dan pemikiran barangkali, karena yang melakukan pembangunannya adalah rakyat Indonesia dengan cara kerja paksa, kita patut berterima kasih juga kepada mereka atas ide dan pemikirannya terhadap pembangunan infra struktur kala itu.

2. Rasa Peduli

Perjuangan para pahlawan yang rela berkorban demi lepasnya bangsa Indonesia dari penderitaan penjajah seharusnya bisa kita teladi dan ditindaklanjuti. Saat ini memang bukan masa perang kemerdekaan, tapi perang terhadap kemiskinan dan kebodohan juga harus diperjuangkan. Kalau bukan kita yang memperjuangkan perang tersebut lalu siapa lagi ? Mengandalkan uluran tangan pemerintah yang penuh keterbatasan bahkan penuh dengan masalah, adalah hal naif. Sehingga mari kita  mulai dari diri sendiri. Sebagai pemilik Blog, kita juga bisa turut melawan kebodohan dengan membuat blog yang bermanfaat, tidak hanya memposting hal-hal yang sifatnya curhat, tapi memposting hal-hal yang bisa turut mencerdaskan bangsa Indonesia.

3. Saat Untuk Introspeksi 

Mumpung masih dalam suasana perayaan hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke 63, mari kita introspeksi bersama-sama terhadap semua hal yang telah kita lakukan sampai dengan saat ini untuk bangsa tercinta ini. Bagi pemerintah, introspeksi dirilah, apakah saat ini rakyat sudah merasakan keadilan dan kesejahteraan atau malah sebaliknya semakin sengsara. Bagi rakyat, introseksi dirilah, apa yang telah dikorbankan bagi negeri ini, atau jangan-jangan negeri ini yang telah dikorbankan untuk kepentingan pribadi. Jangan sampai azab Tuhan mendahului introspeksi diri kita, karena kita tidak pernah mau berubah ke arah yang lebih baik.

Lalu, apalagi makna 17 Agustus bagi Anda….?


IsParmo | IsParmo.web.id | www.IsParmo.web.id

Makna 17 Agustus
Pembicara Internet Marketing on | 4.5

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. noki says:

    mencerdaskan kehidupan bangsa dengan budaya nge-blog

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Bottom 1

Content Bottom 1
Content Bottom 1

Bottom 2

Content Bottom 2
Content Bottom 2

Bottom 3

Content Bottom 3
Content Bottom 3
Copyright © 2014 www.isparmo.web.id. All Rights Reserved.