ZIMBRA DESKTOP, Software Email Client Yang Powerfull

Zimbra Bagi kita yang tidak bisa terlepas dari aktifitas email dalam kehidupan sehari-hari, sekarang mari lebih bergembira lagi dengan munculnya satu software email client yang sangat powerfull, yaitu Yahoo! ZIMBRA DESKTOP. Mengapa powerfull? Sebab si ZIMBRA ini adalah software email client yang bisa mendownload email secara online ke dalam komputer kita, lalu kita bisa membacanya kemudian secara offline (tanpa terhubung ke internet). Lalu apa bedanya dengan software email client lain, seperti : Ms Outlook, Outlook Express, Thunderbird, dll ? Di sinilah letak powerfullnya. Berikut adalah beberapa hal yang menjadikan ZIMBRA DESKTOP lebih powerfull dibanding software email client lain :

1.  Cara settingnya yang relatif sangat mudah

Hanya dengan mengisi username (alamat email) dan password email, maka pengguna bisa langsung mendownload email dan membacanya, tanpa harus mengisi number of port dari layanan POP dan SMTP yang seringkali membuat bingung pengguna software email client. Sebab number of port dari POP3 dan SMTP, bisa berbeda-beda antara satu email dengan email lain.

2. Bisa digunakan untuk mendownload email yang tidak menggunakan layanan POP3

Misalnya pada layanan email di yahoo.com. Jika kita menggunakan email client, Outlook Express misalnya, maka kita tidak akan bisa menggunakan Outlook tersebut untuk membuka email di yahoo.com, tapi dengan menggunakan ZIMBRA DESKTOP maka mendonwload, mengirim dan membaca email secara offline menjadi sangat mudah dilakukan.

3. Mendukung 3 Platform Besar Operating System

ZIMBRA DESKTOP bisa di instal pada komputer yang berbasis operating sistem : Ms Windows, Linux dan Mac. Sehingga tidak hanya pengguna Ms Windows yang dapat menikmati powerfullnya ZIMBRA DESKTOP ini.

4. ZIMBRA DESKTOP bersifat FREE/GRATIS !!

Ke-powerfull-an ZIMBRA DESKTOP tidak harus dibayar dengan sejumlah dolar. Kita bisa mendownload secara GRATIS.

Selanjutnya langkah-langkah untuk menggunakan ZIMBRA DESKTOP :

1. Download ZIMBRA DESKTOP di : ZIMBRA DESKTOP download

2. Lakukan instalasi seperti biasa

3. Klik Set Up Account. Pilih jenis email. Lalu isikan alamat email dan password.

Zimbra_Opening Zimbra_AccountSetUp

4. Tunggu beberapa saat untuk loading

Zimbra_loading

5. Klik Check Email. Lalu tunggu beberapa saat untuk mendownload email ke dalam inbox.

Zimbra_layout2

Selamat mencoba. (sumber : www.isparmo.web.id)

 

 

 

Updated: July 26, 2008 — 9:28 pm

14 Comments

  1. Bro, gw ada kesulitan dengan save setting account zimbra, selalu saja tidak ada respon alias tidak bisa proses untuk loading. dibagian atas muncul pesan berikut
    java.net.UnknownHostException: imap.mail.yahoo.com

    gw pake server speedy internet di kantor, bisa bantu gw bro ?
    minta tolong jika ada penyelesaian kirim ke email ya bro

    trims alot

  2. masalah saya sama persis seperti cerebro, pada waktu setting account keluar message seperti itu, bagaimana cara penyelesaiannya ya ?
    kalo ada email juga ke saya ya,

    thx a lot bro.

  3. Mas Cerebro dan Ras Rudi,

    Untuk masalah Zimbra yang Anda alami coba Anda uninstall kemudiandi install ulang.

  4. Mas, saya sudah install Zimbra dan bisa menjalankannya dengan baik. Yang ingin saya tanyakan, ada gak cara agar memberikan password saat pertama kali membuka Zimbra. Karena jika tidak demikian, siapa saja bisa melihat email di komputer saya. Terimakasih.

  5. Mas Guf,

    Sepertinya Zimbra Desktop versi 0.9 saat ini belum bisa di password. Cara lain bisa menggunakan Folder Lock untuk mempassword folder di mana Zimbra di install.

  6. Agak susah juga ya mas, tapi saya sendiri sudah terlanjur senang dgn program ini. Enak banget mau liat email saya di yahoo.com dan gmail. Thanks buat infonya ya mas ^_^

  7. Sejak tgl 28oktober, zimbra tidak dapat lagi bekerja pada email yahoo.com. Kenapa ya mas? Saya sdh coba dgn menginstall YPOPs!v.-0.9.6alpha (blm fix, yang v.0.9.5.1 g bisa didownload)tetapi tetap tak menunjukkan hasil yang diharapkan. Terpaksa kembali membuka email di web. Minta pencerahannya.. Tolong diemail ke saya ya mas. Thanks.

  8. Mas Guf,

    Saya sudah coba install Zimbra Desktop versi terbaru (v. 0.91) hari ini 29 Oktober 2008 dan masih bisa untuk download email yahoo.com saya. Dan tidak perlu menginstall YPOP. Barangkali Windows Anda bermasalah…

  9. Ok mas, ketika saya re-install zimbranya, sdh baik kembali spt semula. Tapi hanya 1-2 hari saja hehe.. trus rusak lagi. Mgkn mmg os saya yg bermasalah. Saya ganti dgn vista dan m.outlook 2007 dan migrasi semua ke gmail aja skrg hehe.. Thanks buat saran2nya.

  10. kalo saya udah terlanjur seneng ama thunderbird
    cuman masalhnya kalo mo download yahoo acccount gak bisa, gimana yah
    padahal saya udah instal ypops

  11. Saya masukkan account muncul seperti ini :
    “zimbra.imap.mail.yahoo.com:993” host not found. Please check hostname and network connectivity.
    Kenapa mas? thank’s before

  12. Bundari,

    Bisa jadi jaringan komputer Ibu terdapat Firewall yang tidak mengijinkan connect ke zimbra.imap.mail.yahoo.com port 993. Coba Ibu matikan dulu Firewall tersebut.

    Atau yang kemungkinan kedua, Ibu salah setting username dan password nya.

  13. mas admin, knapa gak semua email lama gw bisa masuk ke zimbra ya? pertama instal bisa sih ampe 70an gitu, tapi abis gw install ulang malah cuma 25 email terbaru doang yg masuk..
    Oya, account dan password kita aman ga sih pake zimbra ini?kadang account gw pas buka yahoo aslinya malah error???

  14. kenapa saya hanya bisa menerima email saja, tiap kali kirim emal selalu kembali dengan pesan: SendMessage request failed: Method context doesn’t exist

    terima kasih

Comments are closed.