VirtualKeyboard, Cara Aman terhindar dari Keylogger

Melunjutkan posting terdahulu yang berjudul “Tips Berinternet Aman di Warnet” yang mengulas tentang potensi bahaya melakukan aktivitas browsing, membuka email, memasukkan password, yang dilakukan menggunakan komputer publik seperti komputer warnet dan kantor. Di posting tersebut disebutkan bahwa salah satu bahaya berinternet di warnet adalah keberadaan KEYLOGGER yang mungkin secara sengaja di instal ke komputer oleh admin warnet atau oleh pengguna lain yang ingin mencuri data rahasia seperti username dan password. KEYLOGGER merekam semua aktivitas keyboard komputer, kemudian hacker tinggal membaca log yang disimpan oleh KEYLOGGER, bahkan ada KEYLOGGER yang mengirim file lognya melalui email, sehingga si hacker tidak perlu mengunjungi komputer yang di install KEYLOGGER untuk mendapatkan hasil rekaman aktivitas keyboard.

Untuk menghindar dari aktivitas yang dilakukan oleh KEYLOGGER maka kita hindari penggunaan keyboard komputer saat mengetikan informasi yang rahasia, misalnya username dan password email. Sebagai pengganti keyboard komputer untuk memasukkan informasi rahasia agar tidak direkam oleh KEYLOGGER maka digunakan VIRTUAL KEYBOARD.

virtual keyboard

Silahkan download VIRTUAL KEYBOARD di sini (exe, 40 KB)

Cara menggunakannya mudah, setelah di download, Anda tinggal mendouble kliknya tanpa perlu proses instalasi. Setelah muncul Virtual Keyboard, arahkan kursor ke kolom username atau password lalu gunakan mouse untuk mengetik di Virtual Keyboard. (sumber : www.isparmo.web.id)

Updated: July 12, 2008 — 12:27 pm

1 Comment

Comments are closed.