Tools Untuk Membuat Password Yang Aman

Terinspirasi setelah membaca buku Zero-knowledge Password, karya Th0r, dan keluhan seorang teman di YM yang mengalami kecurian password yahoo, maka dapat kita ambil pelajaran tentang arti sebuah password :

1. Password adalah sesuatu yang sifatnya sangat rahasia, jagalah dengan segenap jiwa raga.

2. Kebanyakan pemilik password belum mengetahui cara membuat dan mengamankan password yang baik, sehingga sering terjadi peristiwa pencurian password yang bisa mengakibatkan kerugian yang luar biasa besar.

Sehingga kita perlu membahas cara membuat password yang aman :

1. Jumlah minimal karakter password yang aman sampai saat ini adalah : 12 karakter. Sebab dengan spesifikasi komputer yang ada dipasaran saat ini, masih memungkinkan penjahat cyber untuk melakukan teknik brute force password dalam hitungan jam jika jumlah karakternya kurang dari 12.

2. Jangan menggunakan informasi pribadi, misalnya : tanggal lahir, nama orang tua, nama anak, nama istri dll.

3. Jangan menggunakan kata-kata umum yang ada di dalam kamus.

4. Buatlah password dengan menggabungkan karakter selain huruf dan angka, misalnya : ! @ # $ % ^ & *

BACA JUGA :  FirePassword Viewer, Hacking Password Firefox

5. Ganti password secara berkala, misalnya setiap bulan sekali.

Untuk membuat password yang memenuhi syarat di atas, minimal sampai syarat no 4 tentu cukup susah jika digunakan cara manual, tapi menggunakan bantuan tool / freeware password manager, hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah. Free Password Manager dan Password Generator  yang membantu membuat password yang aman adalah :

1. PCTools Password Utilities

image

download : PCTools Password Utilities (exe, 391 KB)

2. Password Generator

image

download : Password Generator (zip, 77 KB)

Review dari kedua software password manager di atas adalah:

Untuk PCTools Password Utilities, harus dilakukan instalasi ke komputer, mempunyai feature yang lebih banyak dan password generatornya lebih memenuhi syarat password yang aman. tetapi password yang tercipta lebih susah di ingat, jadi harus disimpan di temapat yang aman. Sedangkan Password Generator, memiliki feature yang lebih sedikit, password yang tercipta hanya terdiri atas huruf dan angka sehingga mudah diingat.

Silahkan Anda memilih Password Tools di atas, yang penting password Anda menjadi susah di hack. Semoga bermanfaat. (sumber ; www.isparmo.web.id)

BACA JUGA :  Ikutan Kontes JackBook
Berikan review artikel ini menurut Anda :
Updated: July 11, 2008 — 11:33 am
Pembicara Internet Marketing SEO | Konsultan | Trainer © 2016 Frontier Theme
%d bloggers like this: