Cara Mudah Menikmati LINUX

linuxonwin Melanjutkan tutorial sebelumnya yang berjudul “Mengapa Tidak Linux” yang memaparkan bahwa trend jumlah pengguna Linux seluruh dunia terus bertambah, sedangkan pengguna Ms Wind**s terus menurun. Sehingga jika Anda adalah pengguna komputer aktif, artinya menggunakan komputer untuk kegiatan sehari-hari, maka sebaiknya mengikuti trend pengguna yang terus bertambah, yaitu ikut menggunakan Linux, atau paling tidak mulai mengenal Linux. Sebab sampai pada waktu tertentu nanti Ms Wind**s bisa menjadi operating system yang tidak dipakai lagi. Fakta menunjukkan, perkembangan virus yang menyerang Wind**s semakin berbahaya. Belum lagi jika, misalnya, Micro****t menyisipkan suatu kode jahat kedalam Wind**s, yang suatu saat aktif, sehingga merusak sistem komputer seluruh dunia yang memakainya, dan untuk memperbaikinya harus membeli tools nya ke Micro****t (seperti modus operandi virus Gpcode.ak). How knows kan ? Sebab source code Windows kan tertutup, tidak seperti Linux yang Open Source sehingga siapapun bisa mempelajari source code Linux.

Sehingga, seyogyanya, mari kita mulai mengenal Linux, tidak ada salahnya kan? Bahkan banyak manfaatnya. Linux tidak sesulit yang kita bayangkan. Nah untuk mencoba Linux secara gampang (maksudnya gampang adalah kita tidak perlu melakuakan advance instalasi ke hardisk), bisa menggunakan cara sebagai berikut :

1. Menggunakan Linux Live CD

Dengan menggunakan Linux Live CD (misalnya, Linux Ubuntu, Kubuntu, Knoppix dll) kita tinggal memasukkan CD Live Linux ke CDROM, mengeset prioritas booting yang pertama ke CDROM. Dan kita bisa menikmati Linux tanpa harus menginstal ke hardisk. Linux Live CD ini bisa kita dapatkan secara GRATIS, lihat posting sebelumnya berjudul “Mau CD Linux Ubuntu Gratis ?”

2. Menggunakan VMWare Player

Hal ini sudah dijelaskan pada posting berjudul “Tutorial Menjalankan Linux Dalam Lingkungan Windows Menggunakan VMWare Player

3. Menggunakan WUBI

wubi Wubi adalah sebuah instaler Ubuntu yang dijalankan dalam lingkungan Wind**s. Dengan Wubi ini kita bisa melakukan proses instal dan uninstal Ubuntu seperti software under Wind**s. Tidak perlu membuat partisi hardisk baru, dan proses instalasinya sangat gampang. Jika kita sudah tidak menginginkannya lagi tinggal di uninstal dengan cara masuk ke Wind**s Control Panel –> Add and Remove Programs. Anda bisa download WUBI di :

WUBI Ubuntu Instaler (8.04 mb)

4. Menggunakan Ulteo Virtual Desktop

UlteoVDSoftware UlteoVD ini memungkinkan kita menjalankan aplikasi-aplikasi Linux di atas Wind**s tanpa harus menginstal Linux. Ini sebenarnya mirip dengan penggunaan virtual desktop seperti pada VMWare Player, VirtualBox dll, hanya saja Ulteo ini benar-benar terintegrasi ke dalam Wind**s bukan dilingkungan virtual tersendiri.

 

Silahkan download UlteoVD di :

Ulteo Virtual Desktop (500 mb)

 

Semoga bermanfaat (sumber : www.isparmo.web.id)

Updated: June 26, 2008 — 9:06 am

1 Comment

  1. artikel anda ada di:
    http://linux-open-source.infogue.com
    http://linux-open-source.infogue.com/cara_mudah_menikmati_linux

    anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Comments are closed.