Hati-hati Dengan Software Password Recovery

image Apakah Anda pemakai komputer yang online dengan internet ? Komputer yang Anda pakai dipakai juga oleh orang lain ? Dan Anda pemakai Ms Windows ? Jika jawabannya iya, maka Anda harus lebih berhati-hati terhadap semua password yang Anda miliki di komputer yang dipakai beramai-ramai, baik itu password internet messenger, email, email client (outlook, outlook express) dll. Sebab ternyata ada tools yang digunakan untuk mendapatkan password itu dengan cara yang lebih ‘cantik’. Kalau di posting yang sebelumnya, Tips Berinternet Aman di Warnet, membahas tentang bahaya virus TROJAN yang digunakan untuk mendapatkan password atau informasi penting lainnya di komputer target. Kalau TROJAN itu jelas-jelas virus yang bisa terdeteksi oleh Anti Virus, nah ada software yang fungsinya mirip dengan TROJAN yang digunakan untuk mendapatkan password yang ada di komputer target. Walaupun si pembuat memberikan nama fungsi Password Recovery tapi jika digunakan oleh penjahat maka software tersebut menjadi tidak beda jauh dengan TROJAN. Beberapa Software Password Recovery yang patut di waspadai adalah :

  •  SNADBOY’S REVELATION

Adalah sebuah software yang digunakan untuk melihat password yang dilindungi dengan tanda asterik. Misalnya jika kita mau login yahoo messenger maka password yang kita tuliskan akan berupa bulat-bulat hitam sehingga password tidak terlihat. Tetapi dengan software REVELATION ini maka password yang tertutup tersebut akan terlihat yang sebenarnya.

revelation

Yahoo Messenger id

Hanya dengan men-drag tanda + ke password yang tertutup maka password yang sebenarnya akan terlihat. Tapi sofwtare REVELATION ini tidak bisa digunakan untuk melihat password pada web site yang menggunakan SSL (Secure Socket Layer, pada url nya ditandai dengan https://), misalnya pada website E-Banking. Software yang sejenis dengan REVELATION adalah ASTERIKLOG.

  • MESSENPASS

Adalah software yang digunakan untuk mendapatkan semua password internet messenger (YahooMessenger, Google Talk, Pidgin dll) yang ada di komputer target, walaupun internet messenger itu tidak dalam keadaan aktif.

MessenPass

Kabar baiknya MESSENPASS ini terdeteksi oleh software Spyware Doctor sehingga diblok saat akan di eksekusi 

Spyware Doctor Spyware Doctor warning

 

 

 

 

  • MAIL PASSVIEW

Adalah software yang digunakan untuk mendapatkan semua password yang ada di software email client seperti Ms Outlook atau Outlook Express atau Mozilla Thunderbird.

Mail PassView

Dan kabar baik lagi untuk kita semua, MAIL PASSVIEW ini juga terdeteksi sebagai Spyware oleh Spyware Doctor yang saya install. Dan diblok saat akan di eksekusi.

Spyware Doctor

Mail PassView blocking

 

 

 

 

Sekarang bagaimana cara pencegahannya agar password yang kita miliki tidak diketahui oleh orang lain dengan menggunakan software-software Password Recovery dan sejenisnya. Berikut antisipasinya :

  • Jangan pernah menggunakan alternatif pilihan remember password pada semua aktivitas pengisian username dan password, kecuali Anda yakin komputer yang Anda pakai tidak digunakan oleh orang lain selain Anda.
  • Jika Anda pengguna Ms Windows XP dan mempunyai hak Administartor pada komputer yang Anda gunakan maka buatlah user baru yang khusus digunakan oleh orang lain yang akan meminjam komputer Anda. Misalnya, user baru itu kita sebut Guest/Tamu. Kemudian batasi user Guest/Tamu tersebut dengan hak terbatas (Limited). Caranya adalah klik Start -> Setting -> Control Panel -> User Account -> Create new account -> buat nama account baru -> Next -> pada pilihan Pick an account type pilih Limited -> Create Account. Maksud dari pembatasan user ini adalah agar user Guest/Tamu tidak bisa meakukan instalasi software apapun dikomputer kita.
  • Install juga software anti Spyware (yang saya gunakan Spyware Doctor yang disediakan oleh Google) selain anti virus.
  • Bersihkan cookies dan data pribadi setalah selasai melakukan browsing internet. MIsalnya jika anda pemakai Ms Internet Explorer caranya adalah, klik Tools -> Internet Option -> tab General, pada Browsing history klik Delete.
  • Jangan pernah beraktifitas membuka password penting di Warnet, sangat berbahaya !!

Semoga bermanfaat. (sumber : www.isparmo.web.id)

 

 

Updated: June 4, 2008 — 9:05 am

6 Comments

  1. Wah … artikel bagus nih … 😀 Thx FYI

  2. saya telah ikut petunjuk penghapusan milis pada group tapi masih kesulitan …… pada edit members……… tolong beritahu ya……. aq tunggu !!!
    Artikel … bagus

  3. Trims Atas informasi yang telah anda muat, namun ada yang ingin saya tanyakn muda2han anda bisa memberikan jawabannya.yaitu komputer dikantor di password oleh pihak PSDM, jadi saya tidak bisa lagi konek internet. mohon beri jawabannya melalui email saya. bagaimana cara membukanya lagi.
    trims sebelumya.

  4. Mas Haris,

    Wah kalo nge-crack password admin spt itu, saya belum tahu caranya…..maaf

  5. Bagi teman – teman yang pernah mengalami harddisk rusak
    – no detect- partisi hilang- terformat- fdisk- virus- corrupt
    – delete- hidden..dll…..bisa dikonsultasikan atau di recovery data
    bisa datang ke ertech komputer.
    Alamat nya: jl.karang rejo x/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 031 72357968/081330029001
    Saya dulu pernah menyelamatkan harddisk no detek
    Disini memang benar ok banget.masalah harga bisa di nego,
    Trims ertech berkat ertechcom dataku kembali normal.
    Semoga sukses…..teman2…!!

  6. Im considering foregoing the Big Sur leg of our trip in lieu of the Northern Coast all the way up to the far north redwoods and back, but hope that Im not making a big mistake, knowing that we may not make our way to California ever again.

Comments are closed.