Setting Milist Yahoo Groups

setting yahoogroups_3 Berapa milist yahoo groups yang Anda ikuti ? Kalao cuma satu mungkin tidak masalah jika Anda mendapat email dari setiap posting di milist tersebut. Tapi jika milist yang diikuti lebih dari 50 groups dan setiap posting masuk ke email Anda, bisa dipastikan email Anda akan cepat penuh dan Anda pusing membaca satu per satu posting tersebut karena saking banyaknya. Atau Anda sudah tidak mau berlangganan posting via email karena isinya sudah tidak bermutu, penuh spam email, promosi dll ? Berikut caranya agar email Anda tidak lagi mendapatkan langganan posting milist di yahoo groups :

1. Buka http://groups.yahoo.com

2. Lakukan login ke yahoo jika belum login

3. Anda akan masuk ke halaman daftar milist yahoo groups yang Anda ikuti

4. Klik Edit Membership yang ada di bagian atas (dekat header)

5. Lihat pada : Step 2 Message Delivery, kemudian pilih Web Only

setting yahoogroups

6. Kemudian klik Save Changes

Dengan begitu Anda tidak akan menerima email posting apapun dari milist tersebut tapi Anda tetap menjadi anggota milist tersebut.

Ada solusi yang lebih baik agar kita tidak ketinggalan informasi yaitu dengan menggunakan feedreader. Feedreader ini adalah software untuk berlangganan feed / news dari suatu milist yang mendukung feed, misalnya ATOM atau RSS (lihat tutorial feedreader diposting sebelumnya). Dengan menggunakan FeedReder ini maka setiap posting pada milist akan dikirim ke FeedReader tanpa harus memenuhi email Anda. Berikut langkah-langkah berlangganan posting milist yahoogroups menggunakan software FeedReader.

1. Instal software FeedReader

2. Buka milist yahoo groups yang Anda ikuti

3. Lihat di halaman utama milist tersebut, jika terdapat seperti ini :

setting yahoogroups_2

(kebayoran3 adalah nama milist), terlihat tulisan RSS dalam warna orange, maka yahoogroups yang Anda ikuti mendukung feed/news. Satu syarat tambahan agar milist bisa dibaca dengan FeedReader adalah milist yang Anda ikuti terbuka bagi siapa saja untuk melihat posting yang ada walaupun bukan member.

4. Arahkan pointer mouse ke tulisan RSS tersebut kemudian klik kanan dan pilih Copy Link Location, misalnya hasilnya copy adalah berupa link : http://rss.groups.yahoo.com/group/kebayoran3/rss

5. Kemudian buka FeedReader, pilih New–>Feed dan paste link RSS tersebut. Maka Anda sudah berlangganan posting milist tersebut.

Selamat mencoba semoga bermanfaat. (sumber : www.isparmo.web.id)

Updated: April 19, 2010 — 8:23 am