Awas Adware Menyerang Komputer !!

Technorati Tags: ,,

adware Tertarik dengan sebuah artikel tentang Craagle di sebuah Blog maka selanjutnya saya mendownload software craagle tersebut. Craagle adalah sebuah software yang digunakan untuk mencari serial number, crack, patch dan semacamnya dengan menggunakan bermacam black search engine (jenis search engine untuk mencari hal-hal yang berkaitan dengan software illegal). Karena penasaran maka saya bermaksud mendownload dan mencobanya. Dan ternyata setelah saya download kemudian saya coba extract file craagle.zip, kemudian munculah peringatan dari Avast anti virus yang saya gunakan. Pesannya begini :

Avast warning

Avast warning_2

Nah lho, ternyata mengandung sejenis virus yang disebut adware. Apa itu adware ? Definisi Adware saya cuplikan dari wikipedia edisi bahasa Indonesia,

Adware adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada sebuah jenis perangkat lunak mencurigakan (malicious software/malware) yang menginstalasikan dirinya sendiri tanpa sepengetahuan pengguna dan menampilkan iklan-iklan ketika pengguna berselancar di Internet.

Untuk definisi lain dari adware, gunakan Google dengan kata kunci, define:adware

Seberapa bahaya nya Adware ini ? Jangan pernah menganggap remeh sebuah kode program asing yang masuk dan terinstal secara otomatis ke dalam komputer kita. Sebab ada jenis Adware yang memberikan informasi data-data yang kritis, seperti info user, password, dan daftar email, ke orang lain melalui jaringan internet. Adware seperti ini mirip seperti Spyware atau software mata-mata. Sehingga Adware jenis ini menjadi sangat berbahaya. (sumber : www.spamlaws.com)

Lalu, bagaimana pencegahan agar komputer kita tidak disusupi adware atau semacamnya ? Berikut tips nya :

1. Pasang anti virus yang original dan selalu di update. Jangan menggunakan yang bajakan, karena bisa jadi anti virus bajakan itu juga di susupi virus. Contoh anti virus gratis yang powerfull adalah Avast Home Edition (gratis untuk pemakaian pribadi) dan saya telah membuktikannya.

2. Jangan memasuki website-website underground, misalnya website porno, website penyedia software bajakan, crack serial number  dll

3. Jangan meng instal software yang belum jelas asal produsennya. Download lah software dari produsen resminya langsung yang terpercaya. Jangan download software dari link yang disediakan di forum, web site orang lain, milist dll

4. Usahakan gunakan Software original jangan yang bajakan. Terutama operating systemnya. Jika mau aman installah Linux sebagai operating sistem di komputer Anda, maka Anda akan terbebas dari masalah-masalah yang sering di derita MS Windows (seperti serangan virus, hang, blue screen dll)

Demikian beberapa tips terhindar dari adware dan teman-teman jenisnya (virus. Semoga bermanfaat. (sumber : www.isparmo.web.id)

 

 

Updated: May 12, 2008 — 10:00 am