Tips Berinternet Aman di Warnet

Technorati Tags: ,

antivirusPosting ini terinspirasi dari sebuah percakapan dengan teman di YM (Yahoo Messenger). Teman saya tersebut mengeluh karena email yahoo nya tidak bisa diakses sebab passwordnya telah diganti orang lain. Setelah diinterogasi, teman saya tadi menjelaskan kalau dirinya memang sering ber internet ria di warnet, membuka email, chatting dan browsing. Warnet memang salah satu tempat paling rawan bagi para netter (pengguna internet) untuk kehilangan informasi/data rahasianya (user dan password). User dan password adalah pintu gerbang untuk mengakses informasi apapun yang bersifat rahasia. Sehingga wajib hukumnya untuk menjaga keduanya tetap dalam kondisi terahasiakan terutama jika kita sering ber internet ria dengan menggunakan komputer orang lain, misalnya di warnet. Mengapa rawan ? Sebab warnet adalah tempat umum yang bisa diakses siapa saja dan berpotensi besar terhadap serangan virus dan trojan. Virus adalah code jahat yang merusak file dan trojan adalah kode jahat yang bisa mengirimkan informasi apa saja yang ada dalam komputer ke orang lain. Salah satu jenis trojan yang sering dipasang / disusupkan ke dalam komputer adalah KEY LOGGER (KL). KL ini akan merekam semua aktivitas keyboard dan mouse dan menyimpannya dalam suatu file yang bisa dibaca pemasang KL ini. Jadi walaupun password anda disembunyikan dengan tanda bintang-bintang tetap akan bisa terbaca karena aktivitas keyboard selalu terekam.
Berikut adalah saran-saran berinternet aman di warnet.

Yang tidak boleh dilakukan di warnet :
1. Transaksi elektronik / e-banking / kartu kredit
2. Aktivitas emailing yang sangat rahasia, misalnya email perusahaan
3. Memilih remember password di browser atau di halaman website
4. Chatting menggunakan email id dari email yang bersifat rahasia. Misalnya, Yahoo Messenger menggunakan yahoo mail id, Google Talk menggunakan Gmail id. Sebaiknya buat account email baru khusus untuk chatting dan tidak untuk berkirim email.

Jika keadaan memaksa kita melakukan larangan di atas maka berikut tips nya agar tetap aman berinternet di warnet :

1. Untuk larangan melakukan transaksi elektronik / e-banking / kartu kredit tetap mutlak tidak boleh dilakukan di warnet karena bisa menguras kocek Anda.

2. Gunakan browser yang aman misalnya Mozilla Firefox dan jangan menggunakan Internet Explorer. (Silahkan baca artikel mengenai Firefox yang lebih aman dibandingkan Internet  Explorer di http://www.pcadvisor.co.uk/news/index.cfm?newsid=8762)

3. Gunakan aplikasi portable yang kita simpan dalam mobile storage, misal USB FlashDisk. Aplikasi portable ini bisa didapatkan resmi dan gratis di www.portableapps.com. Portable Application adalah aplikasi yang bisa langsung dijalankan tanpa instalasi. Dalam www.portableapps.com terdapat banyak aplikasi yang mendukung kegiatan internet ria kita. Misalnya Firefox internet browser, Gaim internet messenger, Thunderbird email, OpenOffice suite dll. Dan semua aplikasi tersebut tinggal double klik dan jalan dengan sempurna seperti aplikasi yang diinstal di komputer. Kita juga bisa membuat aplikasi portable sendiri menggunakan Thinstall seperti pada tutorial yang telah saya buat sebelumnya.

4. Lakukan scanning virus secara online (via internet) jika kita tidak yakin dengan antivirus yang dipasang di warnet. Gunakan Google dengan keyword : Online virus scanner. Maka akan muncul hasil pencarian para penyedia jasa online virus scanner. Misalnya www.kaspersky.com/scanforvirus. Antivirus ini untuk mengantisipasi keberadaan Key Logger trojan yang mungkin ditanam dalam komputer warnet.

Demikian beberapa saran agar aktifitas internet yang kita lakukan tetap aman terutama di warnet.  Semoga bermanfaat.

(sumber : www.isparmo.web.id)

Updated: April 1, 2010 — 5:22 pm

10 Comments

  1. Makasiii banget ni mas tip’s nya sangat berguna, maaf mas boleh gak saya share mo minta ijin buat share ke milis group saya.. sekali lagi thank’s

  2. Mas parmo yth,

    Saya agung suyono, suka berinternet di warnet selama ini tdk ada masalah, tapi sering dapat spam email dr orang atau fihak yg tidak saya ketahui dari mana mereka mendapatkan email saya padahal saya tdk atau belum pernah berkomunikasi sebelumnya.

    Dan kalau dirumah bgmn memblock website atau content 18 th keatas supaya anak anak saya tidak bisa membuka dan mengaksesnya ya.Thanks sebelumnya.

  3. klo email spam biasanya nawarin barang tp hrus hati2 krn sering ada virusnya jd dispam aja klo gak jelas.

  4. Halo pak baru berkunjung nih. Menurut bapak apakah penggunakan token bisa mencegah pencurian password di internet banking. Sebab saya menggunakan internet banking mandiri dibekali Token pIn yang menghasilkan pin dinamis setiap kali install. Bila tidak pakai token pin kita hanya bisa mengecek saldo saja.

    Dan saya ada sedikit tip juga yaitu dengan menggunakan virtual keyboard yang nanti kita tinggal klik saja sebagai pengganti keyboard. untuk lebih jelasnya mengenai keamanan internet banking silahakn mengunjungi blog saya http://blog.benidiktus.info/?p=155

    saya tulis berdasarkan ide saya sendiri

  5. Mas Benediktus,

    Sama seperti pada Mandiri yang menggunakan Token di BCA juga menggunakan hal serupa yaitu Key BCA, sebuah alat untuk men-generate password sehingga transaksi e-banking menjadi aman karena menggunakan password yang berlapis.

    Terima kasih mas Benediktus, artikel di blog Anda menarik dan bermanfaat. Mari kita sebarkan ilmu yang bermanfaat

  6. Mungkin bisa ditambahkan dg menggunakan fasilitas virtual keyboard bawaan dari Windows apabia hendak mengetikkan sesuatu yg sensitif (mis: login & passsword) untuk menghindari program keyboard recorder atau keylogger. Namun hal ini tidak 100% aman karena saat ini ada keylogger yg bisa merekam berupa screen capture dari aktifitas di komputer. Biar lebih yakin, gunakan warnet yg setiap PC nya sudah ada program semacam DeepFreeze.

    Regards,
    Warnetters 🙂

  7. Mas Andre,

    YUp benar, salah satu cara untuk meminimalisir keylogger adalah menggunakan virtual keyboard. Terima kasih tambahannya.

  8. “*NUMPANG LEWAT
    suka browsing2 atau hobi banget otak atik dunia maya atau pingin update software terbaru…..Gampang banget. Kamu bisa langsung aja masuk ke layana nge-net kita loooochhhhh…d jamin deech update terus info2nya dari tips seputaran Internet seperti chatting, download, atau bisnis lewat internet dan msh banyak lainnya…Gampang banget kamu hanya dengan mengetik REG NET kirim ke 9789 (khusus pengguna telkomsel yach..) Kamu gak bakalan ketinggalan info lagi dech dan kamu2 gak gaptek lagi…… Tunggu apa lagi…

Comments are closed.