www.isparmo.web.id Ada Yang Menjiplak

Saya terkejut ketika membuka Google Analytic yang telah saya pasang di blog saya ini karena saat membuka View Report, Visitors, dan Hostname, terlihat dari report ini bahwa web blog saya ini ada yang menduplikasinya dan sangat mirip hanya berbeda judulnya saja.

image image

Kemudian saya buka di browser alamat yang saya lingkari di atas. Dan ini yang saya lihat :

image

Mirip sekali dengan blog milik saya bukan ? Hanya judulnya saja yang berbeda : YUSUF Web’s dan tidak memiliki sidebar. Dan ketika saya klik menu Home maka muncul halaman blog ini :

image

Karena penasaran, siapa yang melakukan maka saya gunakan software Advanced Administratif Tools  untuk melakukan investigasi yang terdiri dari : WHOIS dan TRACEROUTE. Inilah yang didapat :

image image

Kesimpulan dari hasil investigasi ini adalah :

-Seseorang yang mengaku bercirikan sebagai yusuf154.blogspot.com inilah yang telah melakukan duplikasi blog www.isparmo.web.id

-Yusuf ini membuat duplikasi web blog saya menggunakan sub domain dari layanan hosting gratis www.dumeh.com yang menggunakan server di www.byethost.com yang gratis pula.

Saya sebenarnya tidak keberatan jika tulisan di blog ini di copy dan disebarkan dengan syarat : tetap mencantumkan sumber asli tulisan dan tidak untuk kepentingan komersial (diperjualbelikan)

Dari investigasi kecil di atas yang bisa diambil pelajaran adalah :

Google Analytics cukup efektif untuk melakukan analisa secara integral tentang siapa saja yang mengujungi web/blog kita

-Tools WHOIS dan TRACEROUTE juga cukup detail untuk melacak keberadaan pengunjung ke suatu website. Jadi hati-hati bagi para cracker jahat yang suka melakukan deface dan kejahatan internet lainnya karena jejaknya mudah untuk ditelusuri.

Updated: April 1, 2010 — 5:18 pm

3 Comments

  1. Wah memang menjiplak kadang lebih gampang mas, tapi ya itu, kalau dikomersilkan kita jadi berang, padahal kadang kita menulis saja hanya untuk di publish saja atau untuk sendiri, selamat berkarya dan sukses serta tetap semangat

  2. masak blog ya kok dibajak. tunjukan kreasimu

  3. hare egene masi ngikut njiplak , temannya malaysia nih pasti .
    kl belajar ma orang lain kudu dan harus , tp kl njiplak
    tengsin deh ….

    woi jusuf , dasar muka tembok

Comments are closed.