Tutorial Instalasi MOJOPAC Virtual Computer

Pernah mendengar istilah Virtual Computer ? Virtual Computer adalah sebuah sistem operasi yang dibangun dan bisa dijalankan di dalam sebuah komputer yang telah diinstal sistem operasi. Misalnya, komputer kita telah diinstal sistem operasi Windows XP, kemudian kita ingin mencoba menggunakan sistem operasi Linux tanpa harus terintegrasi sebagai sistem operasi permanen di komputer kita. Untuk menginstal Linux tanpa harus mengintegrasikannya dalam hard disk (tanpa dual booting OS) dan kita menginginkan Linux itu bisa dijalankan saat kita menjalankan Windows (bersama-sama) maka kita menggunakan Virtual Computer.

Salah satu software untuk membangun sebuah Virtual Computer adalah MOJOPAC. Virtual Computer menggunakan MOJOPAC ini berbasis Windows XP saja dan tidak bisa menjalankan OS jenis lain, seperti Linux. Istimewanya, MOJOPAC ini bisa di simpan dan dijalankan melalui portable storage, seperti USB Flash Disk atau Eksternal Hard Disk. MOJOPAC ini bisa disebut juga sebagai Windows XP Portable. Disebut portable karena : tidak perlu diinstal di hardisk komputer, space yang dibutuhkan kecil, dan bisa dibawa kemana-mana. Dengan menginstal MOJOPAC dalam USB Flash Disk, kita seolah-olah membawa komputer kita kemana-mana karena dalam MOJOPAC kita bisa menginstal software (under Windows) yang kita butuhkan dan biasa kita pakai. Misalnya, kita biasa menggunakan software OpenOffice Writer (under Windows) untuk mengetik dokumen sehingga dokumen yang dihasilkan berakhiran .odt. Karena kita termasuk orang yang mobilitasnya tinggi, file dokumen yang telah kita ketik tadi dibawa kemana-mana untuk di update, sedangkan kita tidak mempunyai komputer jinjing/laptop. Ditambah lagi software OpenOffice ternyata belum terlalu banyak dipakai orang (kebanyakan orang menggunakan Microsoft Word). Dengan kasus ini kita kebingungan karena tidak mungkin setiap saat kita memakai komputer orang lain, kita melakukan instalasi Software OpenOffice untuk membuka dokumen kita yang berakhiran .odt. Solusinya adalah dengan menginstal MOJOPAC di USB Flash Disk, kemudian kita instal OpenOffice dalam MOJOPAC tersebut. Saat mau membuka dokumen yang berakhiran .odt itu kita tinggal tancapkan Flash Disk di komputer manapun lalu jalankan MOJOPAC dan membuka software OpenOffice Writer lalu kita bisa bekerja seolah-olah menggunakan komputer sendiri tanpa harus khawatir mengurangi kapasitas hardisk komputer yang kita pinjam.

Salah satu kelemamahan MOJOPAC ini adalah, pertama saat menginstal MOJOPAC kita harus terhubung ke internet karena pemasang harus terdaftar di www.mojopac.com. Kedua, ketika kita hendak menjalankan MOJOPAC di komputer orang lain maka kita harus mempunyai hak akses sebagai Administrator (Administrator Priveleges).

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal MOJOPAC di USB Flash Disk :

1. Download software MOJOPAC di http://www.mojopac.com

2. Dobel klik file hasil download, maka akan muncul : Welcome to MojoPac Installation

3. Beri cek list pada “This product is licensed for personal, non commercial use only. Lalu pilih “On an iPod or portable USB drive” kemudian klik Agree

clip_image002clip_image002[7]

4. Pasang USB Flash Disk pada komputer.

5. Select the drive where you want to install MojoPac, pilih USB Flash Disk yang telah kita pasang. Lalu klik Next >

6. Setelah keluar window baru dan progress bar, tunggu hingga progress bar mencapai 100%. Lalu klik Next >

clip_image002[9]

7. Pada window MojoPac Setup and Activation – Required Information. Pilih MojoPac Freedom, kemudian isikan semua informasi yang dibutuhkan. Pilih No pada “I am registered with mojopac.com. Lalu cek list I agree to. Selanjutnya klik Next >

clip_image002[11]clip_image002[13]

8. Tunggu beberapa saat, samapai muncul window MojoPac Setup and Activation – Optional Information. Isi semua kolom informasi yang dibutuhkan. Lalu klik Next >

9. Saat muncul window Data Copy, klik Finish. Abaikan semua pilihan yang ada jika kita tidak hendak melakukan copy data apapun dari komputer ke MOJOPAC usb flash disk.

clip_image002[15]

10. Setelah selesai menginstal MOJOPAC di usb flash drive. Cek isi flash disk menggunakan Windows Explorer. Minimal harus ada file dan folder seperti di bawah ini :

clip_image002[17]

11. Untuk menjalankan MOJOPAC, dobel klik file Start.exe. Maka akan muncul window login Welcome to MojoPac. Isikan password sesuai dengan yang telah diisikan sebelumnya (password pada langkah 7 pada bagian MojoPac Device Information). Lalu klik Login

clip_image002[19]clip_image002[21]

12. Maka akan muncul window baru yang memenuhi seluruh layar dengan background hitam ada logo MojoPac warna merah di tengahnya. Tunggu beberapa saat, MOJOPAC melakukan konfigurasi, sampai muncul tombol Start (tombol Start Windows) di pojok kiri bawah layar. Lalu kita bisa mulai melakukan instalasi software-software yang biasa kita pakai dan butuhkan.

Semoga Bermanfaat

Updated: April 16, 2008 — 8:19 am

11 Comments

  1. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/software/tutorial_instalasi_mojopac_virtual_computer/

  2. makasiii mas tutornya sangat berguna buat saya….

  3. bagus banget tutorialnya mas.
    berguna banget tuk orng kayak aq yg masuih newbie soal program virtual computer. thenks….

  4. tutorialnya bagus,,,bermanfaat banget buat orang awam seperti saya,tanks…

  5. Salam bagi anda, mohon ijin artikel anda saya copy dan saya masukkan ke blog saya. Karena ini merupan ilmu yang sangat bagus dan berguna bagi teman 2 di desa kami. beginilah cita – cita para pejuang kita tempo doeloe untuk merdeka

  6. Mas Heri,

    Silahkan kalo mau di copy, asalkan tetap mencantumkan sumber asli link nya. Semoga bermanfaat

  7. Thank ya mas,, informasinya bagus banget, menarik lagi. moga sukses and bagi bagi ilmu lagi.
    Salam kenal ja Herman

  8. Mas Herman,

    Terima kasih dah mampir, salam kenal juga

  9. mas,saya uda instal mojopac,tp knp pas diaktifin cursornya jd ilang ya???

  10. Contoh anda tentang OpenOffice jelek. Kamu bisa save format doc, xls dalam OpenOffice, bahkan kamu bisa buka docx dan xlsx di OpenOffice, hal yg ga bisa di lakukan bahkan di office2003 tanpa office2007 compatibility pack. cari contoh yg pas, jgn persempit OpenOffice.

  11. Makasih ya mas. sangat bermanfaat. mudah-mudahan makin banyak ilmu lagi yang bisa dibagikan. salam kenal. 🙂

Comments are closed.