Tips Terhindar Dari "RATIONAL CRIME"

crime Beberapa hari yang lalu terdengar berita tentang pembantu yang membawa lari harta majikannya sebesar 16 Milyar saat majikannya pergi ke luar kota. Di kesempatan lain terdengar juga berita tentang baby sitter yang membawa lari anak majikannya untuk dijual atau diminta tebusannya. Modus operandi kejahatan ini tergolong baru, pelaku kejahatan memanfaatkan kedekatan dan kepercayaan yang terjalin dengan calon korbannya. Inilah yang disebut RATIONAL CRIME. Pelaku membuai calon korbannya dengan cara berlaku sopan dan baik sehingga menimbulkan rasa percaya calon korban terhadap pelaku kejahatan. Dan saat calon korban lengah (misal, saat tidak di rumah atau pergi ke luar kota) maka pelaku dengan bebasnya melakukan tindak kejahatan tanpa kesulitan.

Bisa jadi RATIONAL CRIME ini dilakukan oleh sekelompok orang/sindikat yang terorganisir bukan hanya oleh perseorangan. Kelompok kejahatan ini memanfaatkan situasi dimana calon korban membutuhkan keberadaan si pelaku (pembantu rumah tangga, baby sitter, teman dekat dll). Seperti misalnya, pembantu dan babby sitter saat ini menjadi kebutuhan yang primer bagi sebagian besar keluarga pekerja (suami, istri bekerja) dan anak mereka masih kecil-kecil dan belum mandiri. Apalagi jumlah permintaan lebih besar daripada ketersediaan jasa/tenaga kerjanya, sehingga kecenderungannya calon korban (dalam hal ini calon majikan) tidak melakukan pemilihan tenaga pembantu dengan lebih teliti dan hati-hati.

Agar RATIONAL CRIME ini tidak berulang lagi dan menimpa Anda, berikut beberapa tips nya ;

1. Kenalah secara detail calon pembantu atau baby sitter. Cek dan copy identitasnya jangan cuma dilihat saja. Minta pula copy ijazah terakhir. Lakukan penelusuran keluarga dan orang tuanya. Pastikan semua informasi tersebut benar.

2. Jika calon pembantu atau baby sitter didapat melalui jasa penyalur, pastika jasa penyalur itu profesional, sudah berpengalaman dan telah lama berdiri. Cari komentar / testimoni dari para pengguna jasanya, bagaimana reputasinya.

3. Jika pembantu atau baby sitter telah berada di rumah kita, jangan perbolehkan dia membawa alat komunikasi portable (misal HP).

4. Simpan semua benda berharga, misal perhiasan, di secure box, misal lemari besi, pastikan pembantu atau baby sitter tidak mengetahui kode rahasia untuk membukanya. Pastika juga hanya Anda dan keluarga yang mengetahui letak secure box itu.

5. Jangan sembarangan menaruh barang-barang seperti HP, kunci mobil, dompet, STNK mobil.

6. Laporkan keberadaanya ke RT atau RW setempat dan juga tetangga sekitar rumah kita.

7. Jangan pernah meninggalkan rumah atau anak untuk waktu lebih dari sehari semalam. Jika terpaksa meninggalkan dalam jangka yang lama, lebih baik titipkan rumah dan akan ke keluarga dekat yang terpercaya.

Demikian tips agar terhindar dari RATINAL CRIME, jika ada usulan tambahan tips silahkan posting di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Updated: April 16, 2008 — 8:28 am