Memanfaatkan FEEDREADER Untuk Membaca Posting Web/Blog

Apakah Anda termasuk orang yang haus informasi dan suka membaca ? Sering mengunjungi web atau blog untuk mencari ilmu dan pengetahuan baru ? Tetapi mungkin Anda termasuk orang yang sibuk bekerja, sehingga waktu untuk browsing dan blog walking menjadi terbatas. Sebagai solusi bagi Anda dengan waktu terbatas tapi tidak mau ketinggalan informasi dan ilmu pengetahuan melalui web dan blog site, Anda bisa menggunakan software FEEDREADER. Software ini memanfaatkan fasilitas Web FEED pada sebuah web atau blog site. Tidak semua web / blog mendukung fasilitas Web FEED ini. umumnya suatu web / blog yang mendukung fasilitas Web FEED ini di tandai dengan image di bawah ini pada kolom address web browser. Perhatikan image di sebelah kanan alamat web.

clip_image002

Lalu apa itu FEED ? Saya ambilkan definisinya dari wikipedia Indonesia,

Umpan web (Bahasa Inggris: web feed) adalah suatu format data yang digunakan untuk melayani isi yang sering diperbarui. Distributor isi mensindikasikan suatu umpan web dan mengizinkan para pengguna untuk berlangganan. Membuat suatu koleksi umpan web yang tersedia pada satu tempat dikenal sebagai agregasi, yang dilakukan oleh agregator (disebut juga pembaca umpan atau pembaca berita).

Dalam skenario umum penggunaan umpan web, penyedia isi mempublikasikan suatu pranala umpan pada situs mereka yang dapat dilanggani oleh pengguna akhir dengan menggunakan program pembaca umpan yang dijalankan dari komputer para pembaca itu sendiri. Jika diminta, agregator akan membaca server-server pada daftar umpannya untuk mencari isi baru; jika ditemukan, agregator dapat memberitahukan adanya isi baru tersebut atau langsung mengunduhnya. Agregator juga dapat dijadwalkan untuk mengecek isi baru secara periodik.

Jenis muatan yang disampaikan oleh umpan web umumnya adalah HTML (isi halaman web) atau pranala ke halaman web dan berbagai media digital lain. Seringkali suatu situs web yang menyediakan umpan web hanya menyertakan ringkasan pada umpan web mereka dan bukan isi lengkapnya.

Umpan web diberikan oleh banyak situs web berita, weblog, sekolah, dan podcast.

Dengan menggunakan software FEEDREADER maka kita bisa berlangganan posting tanpa harus mengunjungi web atau blog site secara langsung sehingga menghemat waktu. Bahkan setiap ada posting yang di update maka langsung terbaca menggunakan FEEDREADER ini. Anda bisa mendownload FEEDREADER ini di http://www.feedreader.com/download. Setelah di download maka lakukan instalasi. Kemudian cari alamat web atau blog yang akan kita dapatkan Feed nya, jangan lupa amati apakah di sebelah kanan address ada image Feed nya. Setelah itu buka menu FILE, pilih NEW dan pilih FEED, isikan alamat web atau blog yang akan kita dapatkan FEED nya, kemudian klik OK dan tunggu beberapa saat. Setelah itu akan muncul judul artikel dan posting (bisa posting lengkap atau penggalan posting) di kolm paling kanan. Jika ingin melihat posting lengkapnya dobel klik saja judul postingnya.

clip_image002[13]

Semoga bermanfaat.

Updated: April 16, 2008 — 8:21 am