Tutorial Membuat Virtual Computer Menggunakan VIRTUALBOX

Saya pernah menjanjikan akan meneyangkan tutorial tentang pembuatan virtual computer menggunakan software VMWARE, cuma setelah saya pikir-pikir akhirnya saya putuskan saja menggunakan software sejenis VMWARE tapi freeware (gratis) yaitu VIRTUALBOX. dan saya juga pernah menggunakan Microsoft VIRTUALPC yang gratis pula, tapi feature atau layanan yang ada kurang lengkap.

Virtual Computer adalah sistem komputer buatan yang bisa dijalankan pada sebuah komputer yang telah memiliki Operating System yang di install di hardisk. dengan menggunakan virtual computer ini, kita bisa menginstall berbagai macam operating system seperti berbagai versi Windows dan varian Linux, dan bisa dijalankan pada komputer yang sama yang sedang menjalankan Operating System utama yang terinstall di hardisk. Dengan menggunakan Virtual Computer ini, kita bisa bereksperimen dengan berbagai macam operating system dan software tanpa takut merusak system yang terinstal pada operating system utama.

Misalnya, komputer kita telah terinstall MS Windows XP dn berbagai macam software, terus kita penasaran ingin mencoba Linux Ubuntu versi terbaru (saat ini UBUNTU telah sampai versi 8). Tetapi kita belum berani menginstall di komputer kita untuk dijadikan dual booting OS karena takut merusak system dan data yang telah ada (apalagi jika komputer punya kantor). Nah denganmenggunakan Virtual Computer maka kita bisa menginstall Linux dan mengopreknya sesuka hati.

Tutorial kali ini akan membahas membuat Virtual Computer untuk di install Linux Operating System varian DAMSMALL LINUX yang hanya membutuhkan spasi 50 MB. Dan kita hanya menggunakan file ISO nya saja tanpa menuliskannya ke hardisk. Jadi seperti menjalankan Linux live on CD mirip UBUNTU live CD dan KNOPPIX live CD. Cuma jika kita menggunakan Virtual Computer, DAMSMALL LINUX ini bisa dijalankan di atas Windows yang telah kita install. Berikut langkah-langkahnya :

1. Lakukan Download

VIRTUALBOX secara gratis di

http://www.filehippo.com/download_virtualbox/

DAMNSMALL Linux ISO di

http://www.damnsmalllinux.org/download.html

2. Lakukan instalasi standar seperti biasa (ikuti saja klik next dan next)

3. Jalankan VIRTUALBOX, dan isilah Registration Form dan klik Confirm

clip_image002clip_image002[7]

4. Klik tombol NEW, klik NEXT. pada menu Create New Virtual Machine, isikan Name (misal DAMNSMALL LINUX) dan pilih OS Type (misal, Linux 2.4). Kemudia klik Next.

clip_image002[10]clip_image002[12]

5. Pada menu Memory, tentukan kapasitas Memory (RAM) yang akan digunakan pada Virtual Computer (misal saya alokasikan sebesar 128 MB karena kapasita RAM komputer saya sebesar 512 MB). Lalu klik Next. Kemudian pada menu Virtual Hardisk pilih No Hardisk. Sebab kita hanya akan menggunakan file ISO dari DAMNSMALL Linux, tanpa menuliskannya di hardisk kita sehingga tidak mengurasi space hardisk. Lalu klik Next.

clip_image002[14]clip_image002[16]

6. Setelah muncu halaman utama VIRTUALBOX, klik Settings. Lalu pada sub menu CD/DVD-ROM beri ceklist Mount CD/DVD Drive. Dan klik ISO Image File, lalu lakukan browse untuk mencari file ISO DAMNSMALL Linux yang telah di download pada langkah pertama. Lalu klik OK

clip_image002[18]clip_image002[20]

7. Lalu akan muncul halaman utama VIRTUALBOX kemudian klik START. Akan muncul Opening Screen DAMNSMALL LINUX dan kita siap mengeksplorasi dan bermain-main dengan LINUX. Anda juga bisa mencoba varian Linux lain dengan mendownload atau membeli CD Linux kemudian mengkonversikannya menjadi ISO Image menggunakan NERO Burning ROM

image clip_image002[22]

Selamat Mencoba. Semoga bermanfaat

Updated: April 16, 2008 — 8:22 am

17 Comments

  1. Mas boleh nanya bedanya dengan Virtual PC apa ya

  2. MAs Ferry,

    Sama saja fungsinya antara VirtualBox dengan VirtualPC. Hanya Saja VirtualBox mempunyai lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan VirtualPC nya Microsoft.

  3. msh confuse bwat install vbox nya…ad cara lbh simple ga????

    tlg beri cara simple…kirim lngsng in my blog…please,,, ineed it

  4. Mbk Hanny,

    Tutorial yang di atas kayaknya sudah dibuat sesimple munkin, karena memang jalannya seperti itu. Bahkan kalo mau diperluas akan lebih banayk lagi langkahnya….ikutin saja langkah-demi langkah, gak susah kok

  5. Mas, kalo virtual komputer kita nya kena virus apa komputer “yg asli” juga kena?

  6. Mas Muis,

    Kalo virtual komputer kena virus tidak akan menular ke yang asli. Karena kududukan virtual komputer itu di komputer yang sebenarnya hanya sebuah file tunggal bukan sebuah sistem yang dapat mentransfer virus dan sejenisnya.

  7. waaah pastinya ini makan memori donk , hihiihi nice info om

    [my-dokumen.blogspot.com]

  8. Mas Dinan,

    VirtualBox pasti memakan memori, semua aplikasi yang dijalankan di komputer pasti memakan memori….

  9. Mas, vmware player uda jalan, tapi CD-Room msh g bs. Apa perlu install driverny lg? Trus gmn koneksi network d vmware

  10. mas, itu linuxnya harus ISO ya??
    kalo sdh di install di harddisk gmn??
    ane nyoba failed trs..
    mohon bantuan..

  11. Mas Muslimsolo,

    Linux nya dalam bentuk ISO atau instaler dalam CD Linux. Jadi tidak bisa menggunakan Linux yang sudah terinstal di komputer

  12. mas, kalo d virtualnya mau pake OS window xp/vista gmn caranya?

  13. Mas Ryan,

    Jika akan membuat virtual OS dari Windows XP, prinsipnya sama saja dengan tutorial di atas. Hanya saja saat langkah (6) :

    Setelah muncu halaman utama VIRTUALBOX, klik Settings. Lalu pada sub menu CD/DVD-ROM beri ceklist, dan pilih Mount CD/DVD-ROM. Lalu masukan CD Installer Windows XP

  14. thanks mas infonya ….kalo gitu saya coba dulu yach

  15. mas, mo nanya neh
    klo mau buat simulasi jaringan pake virtual machine bisa gak, kaya netkit gtu????

  16. Mas , mau tanya saya sudah berhasil instal VirtualBox dan juga menggunakan Linux Dsl , Pupy Linux , Linux Mint ,dll.Koneksi internet juga berhasil dengan baik masalahnya yaitu bagaimana caranya memindahkan atau meng copy file dari linux DSL ( Komputer Virtual ) ke Windows XP ( Komputer Host ) atau supaya antara komputer Komputer Virtual dengan komputer Host bisa saling bertukar File secara langsung, Mohon penjelasanya Terima kasih.

Comments are closed.