Tutorial Membuat Aplikasi Portabel Menggunakan THINSTALL

Aplikasi Portabel yang dimaksud adalah aplikasi atau software yang digunakan tanpa harus meng-install, jadi kita tinggal meng-copy dan langsung di dobel klik. Aplikasi portabel ini berguna ketika kita hendak menggunakan software di komputer bukan milik kita dan akses untuk melakukan instalasi dibatasi oleh administrator, misalnya di kantor atau warnet. Aplikasi/software portabel ini bisa dimasukkan ke dalam Flash Disk USB atau External Hardisk sehingga bisa langsung dipakai tanpa harus diinstal dan kemampuannya sama dengan software yang diinstal. Misalnya kita memerlukan WINRAR untuk membuka dokumen berekstensi rar (file kompresi). Sedangkan komputer kantor tidak terdapat aplikasi WINRAR, repotnya lagi kita tidak bisa melaukan instalasi karena tidak diperbolehkan oleh admin, maka kita bisa membuat Portable WINRAR, sehingga kita tinggal menggunakan USB untuk menjalankannya.

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat aplikasi portabel OPEN OFFICE (aplikasi gratis/freeware mirip dengan Microsoft Office) :

1. Siapkan master software OpenOffice (aplikasi mentah yang belum diinstal). Download OpenOffice di http://download.openoffice.org

2. Download software THINSTALL di http://www.thinstall.com/sales/trialeval.php (ini adalah versi trial 30 hari, sehingga Aplikasi Portabel yang dibuat dengan versi trial ini juga hanya bisa digunakan selama max 30 hari). Kemudian lakukan instalasi

3. Jalankan Thinstall dengan mendobel klik SetupCapture, lalu klik Start >>, lalu akan terbuka window baru dalam mode DOS dan tunggu beberapa saat sampai muncul window ke tiga. Lalu klik Pre-Install Scan dan tunggu beberapa saat sehingga muncul window dalam mode DOS lagi.

Cara membuat aplikasi portable

 

 

 

 

 

 

 

 

Cara membuat aplikasi portable menggunakan Thinstall

Cara membuat aplikasi portable pake Thinstall

Cara membuat aplikasi portable Thinstall

4. Setelah selesai akan muncul window yang ke-5. Lalu lakukan instalasi OpenOffice seperti biasa sampai finish. Jangan klik dahulu Post-Install Scan

Cara membuat aplikasi portable gratis Cara membuat aplikasi portable tanpa instal

5. Setelah instalasi OpenOffice selesai, kembali ke window ke-5 dan klik Post-Install Scan, sehingga muncul window ke-6, tunggu beberapa saat sehingga muncul window dalam mode DOS lagi. Lalu akan muncul window ke-9 kemudian klik Save Result >>, dan akan muncul window DOS untuk yang kesekian kalinya, dan tunggu beberapa saat sampai window menutup sendiri.

Tutorial membuat aplikasi portable menggunakan Thinstall aplikasi portable

Membuat aplikasi portable menggunakan Thinstall Cara membuat aplikasi portable

6. Lalu akan muncul window Setup Capture Complete, lalu klik Quit. Sekarang kita lihat pada folder default C:\Program Files\ThinstallVS\Capture\OpenOffice2.3

Cara membuat aplikasi portable menggunakan Thinstall gratis Aplikasi portable menggunakan Thinstall

7. Buka (Open) file Package.ini, lakukan editing menggunakan Notepad. Yang di edit adalah (lihat yang di highlight kuning) :

Tutorial aplikasi portable menggunakan Thinstall

 

 

 

 

 

ganti CompressionType=None dengan CompressionType=Fast

ganti DirectoryIsolationMode=WriteCopy dengan DirectoryIsolationMode=Merged

Lalu simpan (save)

8. Copy file #attributes yang ada di folder %Desktop% ke folder yang terdapat file build.bat. Lalu dobel klik file build.bat sehingga muncul window dalam mode DOS, tunggu beberapa saat sampai menutup sendiri. Jika proses build ini selesai akan menciptakan folder baru bernama bin di default folder C:\Program Files\ThinstallVS\Capture\OpenOffice2.3, dan file-file dalam folder bin inilah yang merupakan Aplikasi OpenOffice Portabel. Anda bisa mengcopy nya dan digunakan dikomputer lain tanpa harus meng installnya

Snap20

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Save

Updated: March 3, 2017 — 8:48 am

66 Comments

  1. Kang,

    Apa maksudnya catatan kaki Admin bahwa kondisi harus windows clean instalasi ?? boleh di perjelas ??

    Saya memang lagi nyari cara buat main UBUNTU, tapi nga punya ADMIN right. kalo cuma live CD, kan berarti nga bs melakukan perubahan ya ?? Ada ide kang ??

  2. Mas,
    Boleh email file itu gak? kalo dari situsnya langsung ribet. kalo bisa juga ada patch ato cracknya biar bisa dipake agak lama tuh program. Tenkyu

  3. Mas Admin, sampai saat ini saya buka email saya file thinstallnya gak masuk2 tuh. Mohon diresend donk, thank you

  4. thank’s banget utk infonya…
    d tunggu yang lbh wahid mas hehehe…

  5. Caranya File portablenya gak dimerged(digabungin jadi satu/.exe)gimana sih?, atau mungkin ada cara lain pake nsis misalnya….Thx

  6. Mas Admin, aplikasi-aplikasi portable yang kita buat kan udah banyak trus kita pengen buat menu sendiri(semacam launcher) untuk menjalankan file-tersebut gimana caranya ya?
    Trus menu launchernya dan seluruh file portablenya dijadiin satu file saja. Saya sudah coba buat sendiri menunya pake Flash dan seluruh file portablenya saya pack jadi satu pake SPX-nya winrar dan berhasil, tapi kurang puas gitu. Tolong ajarin ya yang lebih praktis dan GOOD atau info jika ada softwernya. Terima kasih bangett..

  7. yah saya cuma iseng aja. jika pake menu seperti bawaan PortableApps atau U3 kurang pas dengan selera, selain itu file yang bisa ditambahkan ya sesuai yang didukung mereka. jika buat sendiri bisa sesuka kita termasuk bisa MIX file portable dari berbagai sumber. saya pernah coba sebuah aplikasi portable dan file tersebut ada menunya. setelah diteliti ternyata ada 2 file yang digabung jadi 1 didalamnya. Mas, nanti kalo udah dapet infonya kabari aku ya..

  8. Saya coba-coba sendiri. saya menyiapkan sebuah folder untuk menyimpan aplikasi-aplikasi portable tersebut. kemudian saya membuat sebuah menu berupa file exe menggunakan flash dimana file tersebut berisi link untuk menjalankan aplikasi portable yang ada dalam folder yang telah dibuat. selanjutnya file tersebut dan folder yang berisi aplikasi tadi diarsip pake winrar dijadikan SFX Archive, nantinya jadi self extractor berformat exe. waktu membuat file SFX tadi diatur unpacknya pilih temporary aja. pada pilihan program yang akan dijalankan setelah extract pilih file “menu” yang sudah kita buat. agak ribet sih, itu sebabnya saya tanya mungkin ada cara yang praktis.

  9. buat yang gak pingin ribet bikin dunlud aja di :
    http://soft4usb.com
    lumayan lengkap ada photoshop cs3, corel juga lho

  10. Mas ini ada aplikasi powerfull untuk membuat menu dan lain-lain. cara kerjanya mirip aplikasi pemrograman visual, tapi penggunaanya medah kok. namanya Auto Play Media Studio, nih alamt vendornya http://www.indigorose.com

  11. Ya tuh menunya lumayan complete juga dinamis.

  12. AutoPlay Media Studio nya juga ada yang Portable lho… udah lama saya pake itu. Coba ngaprak di ForumW.org

  13. mas, tolong kirim thinstall nya ke email saya ya…
    makasih.

  14. Mas, aku minta file thinstall & cracknya juga dong.
    Aku coba download dari websitenya agak susah, makasih ya mas

  15. mas, saya dah bisa semuanya…
    tapi yang buat saya bingung, gimana cara biar portable buatan saya mempunyai size yang kecil, soalnya saya bandingkan dengan yang tinggal download di internet jauh sekali… bikinan saya bisa 3-4x lebih besar ukurannya…
    klo ukurannya besar jg kan percuma saya buat portablenya…
    mohon mas pencerahaannya…

  16. mas, bisa minta artikel2 tentang thinstall and autoplay media st ga?? soalnya penting buanget nich

  17. mas, tau sejarah thinstall ga, (maaf nich buanyak nanya….)

  18. mas Iak,

    Kalo sejarah Thinstall saya ndak tahu Mas, coba cari saja di wikipedia.com

  19. Mas,Gmana kalo buat portablenya aplikasi visual basic 6 dengan Service Packnya biar jadi satu. tk

  20. Mas Iponk,

    Saya belum pernah coba untuk membuat portable Visual Basic 6 dengan service packnya, tapi mungkin bisa di coba caranya seperti ini :
    Sampai pada langkah instalasi aplikasi yang hendak dibuat versi portablenya, instal juga sekalian service packnya baru melangkah ke step berikutnya.
    Semoga berhasil

  21. mas, boleh minta filenya gak untuk thinstall dan crack nya kalo ada..krn download dr web nya ribet isi ini itu..thanx mas

  22. Selamat sore mas, sambil ngabuburit nunggu buka puasa.
    Saya sudah lakukan langkah2 diatas, setelah saya copy folder bin ke portable disc saya, dan saya coba jalankan di komp lain muncul pesan “Your Thinstall runtime license has expired”
    itu kira2 kenapa ya mas, karena saya sudah install dari link yg mas kasih kemarin. thanx..

  23. mas, selamat siang mo nanya lagi nih..
    denger2 kalo kita jalanin program yg sudah kita simpan ke usb.
    waktu kita jalanin ada registry yg tercatat gak ya ke kompi kita.
    kalo ada , ada cara menhapusnya gak? biasanya pake software apa yg bisa..thanx mas utk bantuannya…
    btw untuk buat menu pake apa ya enaknya mas,,
    thanx mas 4 the help salam..

  24. Mas Doel,

    Jika menggunakan aplikasi portable tidak akan merubah registry komputer. Untuk memantau perubahan registry di komputer kita bisa menggunakan software SPYBOT SEARCH and DESTROY yang bisa do download gratis di :
    http://www.safer-networking.org/id/download/index.html

    Kalau buat menu aplikasi portable bisa menggunakan AUTOPLAY MEDIA STUDIO, cuma software ini tidak gratis. Ato alternatif lain menggunakan format Flash.

  25. Susah Downloadnya… bisa minta tolong di upload filenya g? biar ga perlu repot2 isi data…

  26. Mas.. mau nanya. Sebelumnya saya pernah pake thinstall bahkan yang versi portable (yang ini sih rasanya full version) trus udah buat beberapa aplikasi portable (aku udah buat versi exenya) tapi setelah aku install ulang kompie gara2 error sekarang aku coba buka file2 portable udah ngak bisa lagi. Apakah harus folder bin yang dicopy atau hanya exenya aja setelah build yang diambil. Sebelumnya makasih banyak.

  27. Mas Ferry,

    Kalau membuat aplikasi portablenya menggunakan Thinstall yang full version maka aplikasi yang di copy cukup yang exe saja. Dan seharusnya file exe tersebut tidak terpengaruh oleh errornya operating system. Mungkin pas proses pembuatan aplikasi portablenya berjalan di atas Windows yang sudah error. Maka saran saya, saat membuat aplikasi portable menggunakan Thinstall, lakukan di dalam Windows yang masih fresh/clean instalaton (tidak terlalu banyak software yang di install

  28. mohon diupload link download carck dan patchnya program ini ke email saya ……………..
    maturnuwun

  29. Mas Waskito,

    Mongo, sampun kulo kirim

  30. Eh maz, bisa minta program sama cracknya juga gak??
    tolong kirim ke email saya ya…
    terima kasih sebelumnya,

  31. Saat membuka package terdapat
    CompressionType=None
    ;CompressionType=Fast
    dan
    DirectoryIsolationMode=WriteCopy
    ;DirectoryIsolationMode=Merged

    Nah, itu mengganti yang awal atau bisa dengan menghapus yang pertama saja.

  32. Mas Khawarizmy,

    ganti CompressionType=None dengan CompressionType=Fast

    ganti DirectoryIsolationMode=WriteCopy dengan DirectoryIsolationMode=Merged

    Yang None dan WriteCopy dihapus saja

  33. maz knapa pada saat kita menggunakan aplikasi yg sdh dibuat portable & kita kerja menggunakan aplikasi tersebut pada saat kita save filenya dengan aplikasi portable tersebut ketika kita cari filenya dengan windows explorer kok filenya hilang…:-(

    Kemana ya mas file itu disimpan & bagaimana cara mengambil file kerja kita yg sudah terlanjur menggunakan aplikasi portable?

    Ada yg pernah berhasil membuat Aplikasi portable 3ds max, autocad, archicad? mohon advicenya….

    Terima kasih…..:-)

  34. Mas Hilmy,

    Seharusnya walaupun menggunakan aplikasi portable, file buatannya bisa di save seperti biasa ke dalam hardisk. Mungkin Anda lupa default folder penyimpanan file, biasanya di folder C:\Documents and Settings\nama_user\My Documents, coba cek lagi.
    Kalau membuat aplikasi portable 3DSMax, AutoCad, dan Archicad saya belum pernah mencobanya. Barangkali yang lain pernah berhasi…?

  35. Mas, apa kita mesti menjalankan langkah 1 sampe 3 dulu, baru stlh itu nginstal program yang mau di bikin portable?

    klo program tersebut minta restart setelah instalasi gmn?

    mohon bantuan ya.. soale gagal terus.. *mode gaptek automaticaly ON* he3x..

    klo ujicoba saya, setelah program2 yang mau saya bikin protable diinstall baru saya jalankan thinstall.. hasilnya aneh bin ajaib..

  36. Mas Aidi,

    Yang sudah Anda coba buat program portable dari software apa ya ? Memang langkah-langkahnya harus urut seperti di atas agar bisa berhasil.

  37. Maz . . .
    Bsa krim filenya n cracknya ke email aq g ?
    Klo ada full version yg itu za lumayan lah , hhe

    eumm . . .
    Klo software biasa d kompi bsa d jadikan portable g ?
    Apa mesti aplikasi portable yg d jd kn portable ?
    Maaf maz bnyak nanya cz msh awam aq ^^

  38. Maz . . .
    Artikelnya keren abz , 😉

  39. Saya ujicoba mo bikin IDM Portable, Notepad++ Portable, dan beberapa program lainnya. memang program yg mau saya bikin portable sdh byk beredar tp saya mau yang buatan sendiri, bebas spyware dan sejenisnya biar lebih aman..

  40. Betul Mas Aidi,

    Memang sebaiknya membuat sendiri aplikasi portable nya karena banyak apliksi portable, terutama yang bajakan, yang telah disusupi virus dan trojan.

  41. mas tolong kirimin linknya thinstal sama cracknya
    soalnya saya coba donlod dari ziddu gak bisa2

  42. Wah tengkyu banget mas artikelnya, sangat bermanfaat sekali.
    Udah aku coba thinstall yang dari mas dah bisa ybah jadi portable tapi kok waktu bukanya kok ada tulisan “Your Thinstall runtime license has expired”. Apa salah waktu ngepatchnya ya?
    Mohon pencerahannya mas…Tengkyu bifor…

  43. Mas Triyoga,

    Kemungkinan dugaan Anda benar, yaitu salah patch. Sebaiknya di coba lagi mengikuti prosedur yang ada di readme.

  44. Pak admin udah aku coba semua perintahnya tetep ga bisa…tp gpp aku dah dpt yg VMware Thin App include serial nyari di rapidlibrary.com. Kalo boleh nanya, hasilnya kok beda ya ama yg ada di portableapps.com? apa mesin pembuatnya beda ya? kayaknya lebih terstruktur yang di portableapps.com. Gmn ya cara membuatnya yg kayak di portableapps.com? Oh ya untuk VMware Thinstall App yg sekarang udah langsung build di situnya, ga usah ngedit package.ini nya.

  45. Mas Triyoga,

    Memang benar ada perbedaan opening screen saat membuka portable aplication yang dibuat menggunakan Thinstall dan buatan portableapps.com
    Untuk membuat opening screen seperti pada poratbleapps.com saya sendiri belum mempelajarinya. Tapi dari beberapa komentar terdahulu yang masuk pada posting ini sudah pernah mengusulkan beberapa alternatif cara membuatnya. Silahkan baca kembali komentar-komentar yang telah lalu.

  46. Trmakasih pak admin atas sarannya…Masih ada pertanyaan lagi pak admin…Yg saya tahu di portableapps.com itu kan di folder aplikasi portablenya ada folder App, Data, Other, klo buatan Vmware thinapp kok ga ada ya?Maaf pak banyak nanya, trimakasih sebelumnya.

  47. Mas Triyoga,

    Iya memang kalau suatu aplikasi portable dibuat menggunakan Thinstall, dia akan di compile menjadi hanya 1 file saja.

  48. Trimakasih banyak pak admin infonya. Nanti klo ada pertanyaan lain akan saya tanyakan lagi.

  49. ada yang baru nih dari thinapp, kamu bisa buat portable apa aja dengan thinapp. tapi harus dengan yang full versi.
    langsung sedot yang udah tau cara jalanen thininstal
    dengan thinapp ini kamu bisa langsung buil dari appnya langsung
    http://dld4u.blogspot.com/2009/03/vmware-thinapp-4012866-full-thininstall.html

  50. @Admin & Mba Rahma :

    Kalau saya, file exe di copy di satu folder, lalu bikin shortcut di start menu (lebih simple).

    Alternatif lain, file exe hasil buat sendiri (btk portable) di copy di CD, lalu buat shortcut di dekstop or start menu.
    Syarat biar bisa dijalankan dari CD :

    edit file package.ini, lalu tambahkan :

    SandboxPath=c:\temp (nanti program akan membuat folder temp di c untuk running programnya). –> cara ini juga bisa
    dipake agar loading dari USB Flash Disk tidak berat & tidak
    membebani isi USB Flash Disk (jika terbatas)

    Utk menghilangkan file temporary tsb, pada option, ganti option SandboxRemovableDisk menjadi 1 (scroll ke bawah, package.ini)

    [BuildOptions]
    SandboxRemovableDisk=1

    @ untuk mengecilkan ukuran file, hapus pada file hasil captures di folder c:\ –> biasanya terisi file snapshot

  51. Oya, ada yg sudah pernah berhasil bikin portable transtool (program alih bahasa)
    saya coba, gagal terus. Mas Admin apakah sudah pernah coba? sharing caranya ya kalau sudah pernah coba.
    Corel draw juga gagal, ada yg pernah berhasil?

  52. Mas dda,

    Saya belum pernah coba buat portable Transtool dan Corel Draw. Tpi coba dulu cari pake Google. Kalo ada dan isa dijalankan berarti seharusnya bisa dibuat pake Thinstall

  53. bagaimana cara membuat aplikasi dengan vb 6 yang potable sehingga bisa dijalankan di flashdisk.
    matursuwun.

  54. Mas Juanda,

    Saya belum pernah mencoba membuat portable VB 6. Di coba saja mengikuti langkah-langkah seperti di atas.

  55. mas aku coba buat autocad 2007, 3dsmax dan sap11 gagal terus cos ada bagian yang gak terekort disitu.
    sekalian mo tanya

    Saat membuka package terdapat
    CompressionType=None
    ;CompressionType=Fast
    dan
    DirectoryIsolationMode=WriteCopy
    ;DirectoryIsolationMode=Merged

    yang diganti to yang pertama trus yang kedua to gmana pa dibuat tetap seperti ini

    CompressionType=Fast
    ;CompressionType=Fast
    dan
    DirectoryIsolationMode=Merged
    ;DirectoryIsolationMode=Merged

    atau

    CompressionType=Fast
    ;CompressionType=None
    dan
    DirectoryIsolationMode=Merged
    ;DirectoryIsolationMode=WriteCopy

    nah yang benar gamana mas mohon kirim penjelasannya ke email q yagh
    blognya sangat bermanfaat mas thanks yagh

  56. http://www.ziddu.com/download/3406986/Thinstall.VS.v3.348.0.0.Full.rar.html—- eror hanaya sampai 5% di idm

    Pinging vmware.com [165.193.233.120]
    Pinging thinstall.com [165.193.233.120]

    masalahnya dimana
    tiap kali akses http://www.thinstall.com/sales/trialeval.php
    maka reviw ke http://www.vmware.com/products/thinapp/

  57. Untuk Orang Nyasar,

    Untuk download Thinstall yang di Ziddu seharusnya tidak masalah, coba di ulang lagi dan jangan menggunakan IDM.

    Trus untuk mencoba Thinstall yang trial, namanya sekarang ThinApp, download di http://www.vmware.com/go/trythinapp

  58. mas kok hasil file portablenya kok lebih besar dari sebelum di buat portable? gmn cara mengecilkannya?

  59. Mas Trivian,

    Software portable nya lebih besar dibanding apa ni? Dibanding file executable nya jika di instal, iya memang lebih besar. Sebab software portable ini seolah-olah merupakan gabungan seluruh file-file (hasil instalasi) pembentuk software yang dikumpulkan jadi satu.

  60. mas gimana cara mengatasi run demo pada archicad 11???

  61. Mas Nugraha,

    Cara instalnya, coba lakukan explore pada folder master ArchiCad nya. Lalu cari file instalernya (tipenya Aplication)

  62. Saat membuka package terdapat
    CompressionType=None
    ;CompressionType=Fast
    dan
    DirectoryIsolationMode=WriteCopy
    ;DirectoryIsolationMode=Merged

    yang diganti to yang pertama trus yang kedua to gmana pa dibuat tetap seperti ini

    CompressionType=Fast
    ;CompressionType=Fast
    dan
    DirectoryIsolationMode=Merged
    ;DirectoryIsolationMode=Merged

    atau

    CompressionType=Fast
    ;CompressionType=None
    dan
    DirectoryIsolationMode=Merged
    ;DirectoryIsolationMode=WriteCopy

    nah yang benar gimana mas mohon kirim penjelasannya yah mas.
    di jawab nya disini. jawabnya dlm bentuk seperti di atas yah.biar jelas. trims

  63. Mas / Mbak Iki,

    Menjawab pertanyaan nya sebenarnya sudah dijelaskan di tutorial :

    Coba perhatikan image/gambar di =
    http://isparmo.web.id/wp-content/uploads/2008/03/snap19.jpg

    Yang saya highlight warna kuning adalah variabel (variabel baris =
    pertama) yang harus diganti.

    ganti CompressionType=3DNone dengan CompressionType=3DFast
    ganti DirectoryIsolationMode=3DWriteCopy dengan =
    DirectoryIsolationMode=3DMerged

    Jadi variabel tersebut harus berubah menjadi seperti ini;

    > CompressionType=3DFast
    > ;CompressionType=3DFast
    > dan
    > DirectoryIsolationMode=3DMerged
    > ;DirectoryIsolationMode=3DMerged

    Demikian penjelasannya. Semoga bermanfaat.

  64. saya ada trik baru nie, yakni membuat portable memakai nsis ini link untuk tutorialnya http://www.mediafire.com/?3499l5kgto2kkw0 silahkan dicoba, diposting juga boleh tapi sertakan dibagian bawah “Special Thanks for Azmi Hisam”

Comments are closed.