Sia-siakah Hal Dasar Yang Kita Pelajari ?

pelajaran Masih ingatkah pelajaran-pelajaran di sekolah dulu yang diberikan oleh guru-guru kita? Apakah ada relevansinya dengan pekerjaan atau kehidupan yang kita jalani sekarang? Beberapa dari kita mungkin berpikir, sebagian besar mata pelajaran itu tidak berguna bagi saya sekarang, sebab sekarang saya adalah seorang pengusaha. Paling-paling hanya pelajaran matematika, ekonomi dan akuntansi yang ada relevansinya. Atau, ungkapan lain : Saya sekarang adalah seorang seniman, jadi hanya pelajaran Kesenian yang relevan dengan saya sekarang.

Tapi apakah benar, sebagian besar mata pelajaran di sekolah dulu tidak bermanfaat bagi kita karena sekarang kita tidak membutuhkannya lagi ? Coba mari kita berpikir dari sudut pandang orang lain. Jika kita adalah seorang guru maka semua pelajaran yang kita pelajari dulu menjadi sangat relevan dengan pekerjaan kita. Dan pada hakikatnya setiap kita adalah guru, guru bagi anak istri kita, guru bagi saudara-saudara kita dan guru bagi siapapun. Jika suatu saat anak kita yang baru sekolah dasar bertanya kepada kita tentang pelajaran IPA, apakah kita akan diam saja ? Atau akan menjawab sekenanya ? Tentu tidak kan ? Kita akan berusaha menjawab dengan sebaik-baiknya sebagai tanda rasa sayang kepada anak kita. Dari contoh kecil ini membuktikan bahwa tidaklah sia-sia hal dasar yang pernah kita pelajari jika kita menjadikan diri kita tempat untuk mendapatkan jawaban dan tempat berbagi ilmu dan pengetahuan. Maka, jangan sepelekan apapun, karena jika kita tidak butuh maka orang lain pasti membutuhkan.

Save

Updated: March 3, 2017 — 8:20 am

1 Comment

  1. benar sih karane manusia tidak akan tahu tentang masa depannya, maka masih muda banyak2 lah mencari ilmu yg bermanfaat

Comments are closed.